Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Suasana normal baru di restoran bertempat di mall. - Antara
Premium

1001 Strategi Ritel Raih Penjualan di Tengah Wabah

10 Juni 2020 | 14:24 WIB
AlfaMart hingga Boga Group memaparkan langkah bisnisnya untuk tetap berjualan di tengah wabah Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya. Sedangkan pengelola mall menyebutkan kebiasaan belanja tidak akan sama lagi sehingga butuh penyesuaian strategi.

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan ritel melakukan perubahan model bisnis signifikan untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi pasar yang berubah akibat pandemi Covid-19.

Marketing Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT) Ryan Alfons Kaloh menyebutkan saat ini data historis jangka panjang tidak lagi menjadi dasar utama dalam bertindak. Kebijakan penanganan pandemi yang berubah dari waktu ke waktu oleh pemerintah sesuai kondisi lapangan membutuhkan penyesuaian-penyesuaian taktis agar produk ritel tetap sesuai dengan kebutuhan pasar.

“[Sekarang di tengah pandemi] data lebaran tahun lalu tidak relevan. Jangka pendek [data yang digunakan untuk strategi bisnis penjualan Alfa Mart] juga harus dipilih. Data Maret diisi dengan panic buying, April turun [akibat PSBB], Mei [data penjualan] beda lagi, sekarang masuki transisi [maka permintaan juga berubah],” kata Ryan dalam diskusi online Surviving The Covid-19, Preparing The Post yang diselenggarakan MarkPlus, Selasa (9/6/2020).

Menurutnya, untuk bertahan dan menjaga kinerja di tengah pandemi maka terdapat tiga hal yang menjadi pegangan dalam menjalankan bisnis ritel. Langkah itu adalah mengandalkan core usaha. Fokus pada inti bisnis yang dilakukan oleh Alfaria adalah mendorong orang datang dengan memanfaatkan data pelanggan yang ada. Pemilihan transaksi per orang membuat promosi yang dilancarkan disesuaikan dengan kelompok kebutuhan.

“Kami ada 4 juta transaksi per hari. CRM (customer relationship management) kami menjangkau 10 juta member,” katanya.

Selanjutnya, perusahaan mengkombinasikan produk yang sesuai dengan kecendrungan belanja dengan promo produk lain.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top