Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Mendiang Ismail Sofyan (89).
Lihat Foto
Premium

Obituari: Ismail Sofyan, Metropolitan Development, Lukisan dan Filosofi Pelopor

Mendiang Ismail Sofyan meyakini untuk menjadikan perusahaan tumbuh maka dibutuhkan filosofi menjadi pelopor. Ia bersama Boediman Kusika, Soekrisman, Budi Brasali, Hiskak Secakusuma, Subagdja Prawata, dan dipimpin oleh mendiang Ciputra mengembangkan PT Metropolitan Development (MD) yang berkembang ke beragam lini.
News Writer
News Writer - Bisnis.com
08 Juni 2020 | 18:37 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Nama mendiang Ismail Sofyan (89) adalah satu dari sedikit pengusaha perintis properti di Tanah Air yang juga  bergiat dalam seni.

Ismail Sofyan merupakan salah satu perintis perusahaan properti PT Metropolitan Development (MD) bersama enam rekannya. Selain Ismail, perintis itu adalah Boediman Kusika, Soekrisman, Budi Brasali, Hiskak Secakusuma, Subagdja Prawata, dan dipimpin oleh mendiang Ciputra.

Perusahaan ini kemudian berkembang dan terlibat dengan berbagai macam proyek pengembangan kota mandiri, hotel hingga pusat perbelanjaan terpadu di Tanah Air.  Filosofi perusahaan ini ketika dipimpin oleh Ismail adalah menjadi pelopor. Maka, grup ini kemudian menghadirkan Metropolitan Mall di Bekasi, Hotel Horison hingga kawasan industri terpadu ketika Jakarta masih menjadi pilihan pertama investasi.

Hingga mendiang Ismail Sofyan meninggal pada Jumat (5/6/2020) beliau masih tercatat aktif di sejumlah perusahaan sebagai komisaris dan direksi.  Di antaranya adalah PT Cikarang Listrindo Tbk. (POWR) sebagai komisaris utama dan PT Metropolitan Development (MD) sebagai direktur utama.

Berdasarkan profil pada Cikarang Listrindo, Ismail juga tercatat sebagai Komisaris di PT Pondok Indah Investment, PT Pondok Indah Land, PT Pondok Indah Development, serta PT Metropolitan Kentjana Tbk.

Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1960 itu juga aktif dalam dunia berkesenian.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top