Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Arifin Panigoro - Dok. Wantimpres.
Premium

Historia Bisnis: Ekspansi Lagi, Arifin Panigoro Bawa Medco (MEDC) Melambung

05 Mei 2020 | 23:56 WIB
Grup Medco yang dikendalikan Arifin Panigoro dimulai dari perusahaan jasa konstruksi pada 1975 atau 45 tahun lalu dari hari ini.

Bisnis.com, JAKARTA – Nama Arifin Panigoro selalu bersatu dengan grup yang ia besarkan, PT Medco Energi Internasional (MEDC). Melalui perusahaan induk ini, Arifin terus memperluas bisnis yang digeluti.

Dimulai dari jasa konstruksi, Arifin kemudian menggandeng Setiawan Djody untuk ekspansi minyak ke Kazakhstan. Arifin juga berkongsi dengan Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto untuk memperkuat bisnis di bisnis energi. Ia pernah masuk industri aromatik dengan grup Bimantara dan Grup Barito di Chandra Asri.

Arifin mulai serius berbisnis pada tahun 1976, bergerak di bidang konstruksi. Kini, grup Medco yang ia kemudikan sudah memiliki puluhan anak perusahaan. Filosofi suksesnya sederhana, “keyakinan, senang, dan menikmati setiap ayunan langkah”.

Sosok Arifin Panigoro ini menjadi topik utama Bisnis Indonesia edisi Minggu, 11 Mei 1997. Dalam laporan ‘Arifin Panigoro: Besar dari Mesin dan Listrik’ itu Arifin bos Medco Energi itu menyebutkan berbisnis membutuhkan waktu untuk mencapai tujuan. Untuk itu setiap proses yang terjadi harus dinikmati.

Dalam laporan itu disebutkan Arifin Panigoro menjadi salah satu contoh sukses pengusaha pribumi. Grup Medco yang dikomandaninya terus melebarkan sayap ke dalam berbagai bidang usaha. Setelah memenangkan tender pengambilalihan ladang minyak raksasa Mangistaumunaigaz di Kazakhstan bersama pengusaha nasional Setiawan Djody, Grup Medco memasuki industri aromatik bersama Bimantara dan Barito menggarap petrokimia terpadu Chandra Asri.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top