Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi - Pabrik ban vulkanisir - Antara/Aji Styawan
Premium

Historia Bisnis: Caplok BUMN Intirub, Pendiri RCTI Jajakan Saham ke Astra

23 April 2020 | 15:32 WIB
Bimantara yang bersalin nama menjadi Global Mediacom (BMTR) mencaplok 70 persen saham PT Indonesian Tire & Rubber Work dari pemerintah.

Bisnis.com, JAKARTA - Pendiri PT Bimantara Citra yang juga Putra ke-3 Presiden Soeharto, Bambang Trihadmodjo menawarkan saham PT Indonesian Tire & Rubber Work (persero) atau Intirub yang baru dikuasai kepada PT Astra Internasional Tbk. (ASII).

PT Bimantara Citra yang kemudian bersalin nama menjadi Global Mediacom -mendirikan televisi RCTI hingga Global TV- menawarkan sebagian saham yang dimiliki kepada PT Astra Internasional Tbk. (ASII) sebanyak 20 sampai 35 persen. 

Bimantara sendiri setelah akuisisi Intirub memiliki saham 70 persen di pabrik ban itu.

Dalam laporan Koran Bisnis Indonesia terbitan 24 April 1990 berjudul “Bimantara Alihkan Sebagian Saham di Intirub ke Astra” disebutkan Bimantara sukses menjadi mayoritas PT Indonesian Tire & Rubber Work (persero) atau PT Intirub dari pemerintah, Dalam edisi itu, Bimantara menjual sebagian saham ke Astra untuk mengembangkan PT Intirub yang bergerak di bidang industri ban.

Sejak 14 April 1990 secara resmi Bimantara menguasai sebesar 70 persen saham Intirub dan pemerintah sisanya sebanyak 30 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top