Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi - pemeriksaan spesifikasi kayu oleh Bea Cukai - FOTO ANTARA/Eric Ireng
Premium

Historia Bisnis: Saat Bos Barito hingga Bob Hasan Lepas Saham Kayu ke Koperasi

22 April 2020 | 11:52 WIB
Sebanyak 50 konglomerasi kayu melepaskan saham untuk koperasi dengan mekanisme cicilan dividen. Mulai dari Prajogo Pangestu bos Barito Pacific Tbk. (BRPT) hingga Bob Hasan.

Bisnis.com, JAKARTA -  Koperasi pernah menjadi primadona para taipan tanah air. Sebanyak 50 pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Panel Kayu Indonesia (Apkindo) menyerahkan sebagian saham perusahaan kepada koperasi.

Pengusaha yang akan menjual sebagian saham perusahaannya kepada koperasi seperti Prajogo Pangestu (Barito Group), Jos Soetomo, hingga Andi Tabussalam. Penyerahan saham ini dikoordinasikan Ketua Umum Asosiasi Panel Kayu Indonesia (Apkindo), Mohamad Bob Hasan.   

Koran Bisnis Indonesia edisi 11 April 1990 menuliskan, sedikitnya 50 pengusaha kayu perkayuan sepakat untuk menjual saham perusahaan mereka kepada koperasi. Pelepasan saham konglomerasi itu diyakini sebagai suatu langkah membantu mengatasi kesenjangan sosial.

“Mereka sudah sepakat tapi kami masih menunggu pernyataan resmi yang mereka sampaikan pada Apkindo,” kata Bob Hasan kepada Bisnis seusai pertemuan itu.

Dalam laporan itu disebutkan Bob Hasan menyampaikan kejutan mengenai realisasi penjualan saham pabrik teh Nusamba di Jawa Barat beberapa waktu sebelumnya yang penyerahan sahamnya dilakukan langsung oleh Presiden Soeharto.

“Tampaknya Bob Hasan ingin agar pola Nusamba diterapkan di lingkungan industri plywood,” ulas salah satu sumber yang mengetahu pertemuan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top