Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Soeharto tengah mencoba mobil Timor yang diperuntukkan bagi Kepolisian Daerah Metro Jaya, pada Senin (27/2 - 1996) di Gedung Bina Graha, Istana Negara, Jakarta.
Premium

Historia Bisnis : Senyum Soeharto kepada Tommy dan Timor

Pada 1996, Tommy pertama kali memperkenalkan mobil Timor kepada Kepala Negara Indonesia sekaligus ayahnya, Soeharto. Mobil hasil kerja sama dengan Korea itu, diperkenalkan langsung di Istana Negara. Soeharto pun tersenyum.

Bisnis.com, JAKARTA - Senin, 26 Februari 1996. Mungkin, itu menjadi salah satu hari yang membanggakan bagi Presiden Soeharto, baik sebagai kepala negara maupun seorang bapak. Pasalnya, hari itu adalah kali pertama dia melihat, menyentuh, bahkan menaikki kendaraan yang disebut-sebut sebagai mobil nasional: Timor.

Hari itu, di Gedung Bina Graha, Istana Negara, Jakarta Pusat, ia duduk di salah satu mobil Timor. Bukan di belakang. Bukan pula di depan bagian kiri—alias kursi penumpang. Namun, ia duduk di belakang kendali mobil.

Dengan senyum khas tersungging di wajahnya, Presiden Kedua Indonesia itu tengah mendengarkan sesuatu dari seseorang di luar mobil--yang tak lain Hutomo “Tommy” Mandala Putera, putra kelima Soeharto.

Posisi duduk Soeharto ini, bisa jadi, menggambarkan bagaimana pentingnya keberadaan Timor.

Timor adalah kendaraan yang saham kepemilikannya, sebagian besar dimiliki oleh orang Indonesia. Pun, mobil tersebut juga diproduksi di Indonesia. Itulah salah satu alasan mengapa Timor disebut-sebut mobil nasional kala itu.

Anda sedang membaca konten premium.

Dapatkan informasi komprehensif untuk menavigasi bisnis Anda hanya dengan Rp50.000/bulan.
Berlangganan SekarangAtau Klik Di Sini untuk berlangganan Rp15.000/minggu
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top