Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Premium

Historia Bisnis : Carik Kertas LB Moerdani dalam Kasus Pertamina

Tiga pertemuan LB Moerdani dengan Kartika Thaher di Swiss membuat dia ikut terseret kasus Pertamina. Catatan besaran deposito yang ia peroleh, menjadi bukti di Pengadilan Tinggi Singapura.
Andya Dhyaksa
Andya Dhyaksa - Bisnis.com 20 Februari 2020  |  15:32 WIB
Artikel Bisnis Indonesia pada 20 Februari 1992.
Artikel Bisnis Indonesia pada 20 Februari 1992.

Bisnis.com, JAKARTA - Leonardus Benyamin Moerdani, atau biasa dipanggil Benny Moerdani. Seorang jenderal TNI, dengan rekam jejak panjang di bidang intelejen. Salah satu legenda di dunia telik sandi Indonesia itu merupakan sosok yang penuh misteri di mata banyak orang.

Namun, pada 1992, dia harus berurusan dengan Pengadilan Tinggi Singapura. Bukan karena dia terlibat tindak kriminal di Negeri Singa. Namun, ia terpaksa tersedot arus konflik antara Pertamina dengan keluarga mantan Asisten Umum Dirut mereka, Achmad Thaher (almarhum).

Bisnis Indonesia memunculkan konflik ini secara berseri, dengan kedatangan Benny ke Pengadilan Tinggi Singapura ditulis pada Kamis, 20 Februari 1992. Pada persidangan itu, Benny membeberkan pertemuannya dengan Kartika Ratna Thaher, istri kedua Achmad Thaher.

Kasus ini bersumbu pada pembangunan pabrik Krakatau Steel sekitar tahun 1970-an yang melibatkan Pertamina dalam proses pembangunannya. Sebagai perwakilan Pertamina, Achmad Thaher mendapat komisi dari dari kontraktor pembangunan: Siemens, Klockner, dan Ferrostal.

Anda sedang membaca Premium Konten
Silahkan daftar gratis atau login untuk melanjutkan membaca artikel ini.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top