Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Premium

Sengkarut di Balik Seleksi Anggota Dewan Energi

14 Januari 2020 | 13:50 WIB
Dari proses, terpilih 16 orang yang kemudian lewat pengantar Presiden diserahkan kepada DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Bisnis.com, JAKARTA — “Ini sebuah konspirasi yang jahat dan zalim,” sebuah pesan yang masuk melalui aplikasi Whatsapp. Pengirimnya adalah mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang membidangi soal energi.

Dia menyoroti proses pemilihan anggota Dewan Energi Nasional (DEN) yang tak kunjung jelas ujung  kisahnya. Padahal, masa bakti anggota DEN periode 2014—2019 sudah berakhir sejak April 2019.

Seleksi calon anggota DEN, lanjutnya sudah berlangsung sejak 2018. Peserta seleksi mengikuti tiga tahapan yakni seleksi administrasi, psikotes, dan wawancara oleh tim.

Dari proses itu, terpilih 16 orang yang kemudian lewat pengantar Presiden diserahkan kepada DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

“Sesuai ketentuan UU yang 16 orang dipilih DPR delapan orang saja, fit proper oleh Komisi VII DPR ditunda beberapa kali, sampai selesai Pemilu dan baru dilaksanakan Agustus [2019]. Hasilnya semua calon dikembalikan ke Pemerintah tanpa dipilih dan dinilai DEN perlu diperkuat. Tapi rumornya karena ada yang mau ikut masuk yaitu beberapa anggota Komisi VII yang tidak terpilih lagi,” tulis mantan anggota DPR itu panjang lebar.

Dari informasi yang didengar, katanya proses pemilihan anggota DEN akan dilakukan seleksi ulang mulai dari awal dengan membuka pendaftaran lagi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top