Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan berkomunikasi di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Senin (10/6/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Premium

NAVIGASI PERPAJAKAN : SSE1 dan SSE3 Tak Lagi Aktif

13 Januari 2020 | 10:28 WIB
Menurut DJP, kebijakan ini dilakukan dalam rangka mengintegrasikan e-Billing dan e-Filling sehingga memudahkan wajib pajak (WP) dalam melaksanakan pembayaran pajak.

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki 2020, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menghentikan operasional SSE1 dan SSE3 untuk pembuatan kode billing.

Menurut DJP, kebijakan ini dilakukan dalam rangka mengintegrasikan e-Billing dan e-Filling sehingga memudahkan wajib pajak (WP) dalam melaksanakan pembayaran pajak.

Oleh karena itu, pembuatan aplikasi billing DJP akan dilayani melalui menu e-Billing dan kanal-kanal lainnya.

Apabila sudah memiliki akun DJP Online, WP cukup menambahkan hak akses e-Billing dengan mencentang bagian tambah/kurang hak akses dan mengklik ubah akses.

Apabila WP masih belum memiliki akun DJP Online, WP perlu mendaftar akun DJP Online yang diawali dengan mengaktifkan EFIN. Permohonan EFIN perlu dilakukan dengan mendatangi KPP atau KP2KP terdekat bagi WP OP dan KPP atau KP2KP terdaftar bagi WP Badan dan WP Bendahara.

Selain kanal tersebut, WP juga dapat memanfaat kanal lain yakni application service provider (ASP), laman single sign-on, bank atau pos persepsi, atau langsung menghubungi petugas DJP melalui Kring Pajak 1500200.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top