Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Premium

Kapan Gas Murah Datang?

Pada 2016, pemerintah mengeluarkan regulasi menyangkut harga gas yang kompetitif bagi tujuh sektor industri. Hingga kini, kebijakan itu belum sepenuhnya terealisasi.
Tim Bisnis Indonesia
Tim Bisnis Indonesia - Bisnis.com 07 Januari 2020  |  15:13 WIB
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk memeriksa Regulator System di Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/9/2017). - JIBI/Nurul Hidayat
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk memeriksa Regulator System di Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/9/2017). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Iming-iming pemerintah untuk menurunkan harga gas untuk industri sudah disampaikan sejak 2016. Tiga tahun lebih berlalu, implementasinya masih jauh panggang dari api.

Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi, ada tujuh sektor industri yang akan mendapatkan harga gas yang kompetitif.

Namun, hingga kini, baru tiga sektor yang menikmatinya yakni pupuk, petrokimia, dan baja. Sementara itu, empat sektor lainnya masih menunggu realisasi.

Dalam rapat kabinet terbatas pada Senin (6/1/2020), Presiden Joko Widodo mengungkapkan tiga opsi penurunan harga gas, yaitu pengurangan atau penghilangan jatah pemerintah, pemberlakuan jatah kuota untuk industri domestik (Domestic Market Obligation/DMO), dan kebijakan bebas impor untuk industri.

Anda sedang membaca Premium Konten
Silahkan daftar gratis atau login untuk melanjutkan membaca artikel ini.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top