Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sejumlah kendaraan memadati jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). Memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2020 wisatawan mulai memadati jalur Puncak Bogor. Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem buka tutup serta contraflow di Tol Jagorawi untuk mengurai kemacetan. - ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Premium

NATAL DAN TAHUN BARU : Kendaraan Pribadi Jadi Pilihan!

06 Januari 2020 | 16:40 WIB
Penggunaan kendaraan pribadi selama Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 semakin marak dibandingkan dengan pengguna kendaraan angkutan umum. Fenomena apakah ini?

Terlepas dari musibah banjir yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya, musim puncak Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 hampir usai. Realitanya, penggunaan kendaraan pribadi semakin marak dibandingkan dengan pengguna kendaraan angkutan umum. Fenomena apakah ini?

Indikasi merosotnya pengguna angkutan umum bisa dilihat dari data real time yang dikeluarkan Sistem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia (Siasati) Kementerian Perhubungan.

Pada musim Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang dicatat Siasati Kemenhub, moda angkutan jalan atau pengguna bus terjadi penurunan hingga 22% menjadi 2,45 juta penumpang dibandingkan dengan periode yang sama 2018 yang mencapai 3,205 juta penumpang.

Di sisi lain, jumlah aktivitas penyeberangan melonjak tajam hingga 31,93%, dengan kumulatif penumpang hingga 5 Januari 2020 sebanyak 2,783 juta dari tahun sebelumnya yang hanya 2,11 juta penumpang.

Koordinator Harian Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang juga Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menuturkan belum dapat berkomentar banyak mengenai penurunan jumlah penumpang bus yang diiringi dengan kenaikan aktivitas angkutan penyeberangan.

Menurutnya, pihaknya masih akan melakukan kajian lebih lanjut terutama dengan membandingkan data dengan musim puncak Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun sebelumnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top