Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
ilustrasi
Premium

Prospek Cerah Memupuk Cuan di 2020

30 Desember 2019 | 10:31 WIB
Optimisme tersebut tecermin dari hasil laporan International Business Report (IBR) semester II/2019 yang dikeluarkan oleh Grant Thornton Indonesia, Jumat (27/12/2019).

Bisnis.com, JAKARTA – Kondusifnya iklim usaha dan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang positif pada 2020 membangkitkan optimisme pelaku bisnis di Indonesia dalam mencetak keuntungan.

Optimisme tersebut tecermin dari hasil laporan International Business Report (IBR) semester II/2019 yang dikeluarkan oleh Grant Thornton Indonesia, Jumat (27/12/2019).

Berdasarkan laporan itu, ekspektasi pelaku bisnis Indonesia atas keuntungan usaha mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Ekspektasi atas keuntungan usaha di Indonesia mencapai 84%, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan laporan serupa pada periode sebelumnya sebesar 70%.

Angka tersebut juga merupakan rekor tertinggi dari laporan IBR sebelumnya, serta jauh lebih tinggi dari angka rata-rata Asean dan Asia Pasifik yang masing-masing ada pada angka 69% dan 54%.

Tren positif itu juga diikuti dengan meningkatnya harapan pendapatan pelaku bisnis Indonesia sebanyak 2 poin dari 85% pada laporan periode sebelumnya menjadi 87%. Angka ini menempatkan Indonesia pada posisi tertinggi kedua secara global setelah Vietnam yang berada pada level 78%, serta jauh di atas rata-rata negara Asia Pasifik dan Asean yang masing-masing berada pada level 56% dan 59%.

Laporan tersebut menyebutkan, iklim bisnis dalam negeri dinilai sudah cukup kondusif setelah pelantikan presiden dan pengumuman kabinet pemerintahan baru. Faktor ini menjadi pendorong keyakinan pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dalam 12 bulan ke depan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top