Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Petugas Stasiun Pengisian Gas Kalisogo PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) sedang melakukan pengecekan pipa gas, Kamis (17/10/2019). - Bisnis/David E. Issetiabudi
Premium

Meracik Strategi Penguatan Subholding BUMN Migas

10 Desember 2019 | 16:42 WIB
PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) terus berbenah seiring berjalannya peran sebagai subholding BUMN minyak dan gas bumi (migas). Berbagai proyek strategis disiapkan.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) terus berbenah seiring berjalannya peran sebagai subholding BUMN minyak dan gas bumi (migas). Berbagai proyek strategis disiapkan.

Setidaknya ada delapan proyek strategis dengan investasi lebih dari US$700 juta yang akan dijalankan pada 2020. Pembangunan infrastruktur gas bumi, program gasifikasi kilang PT Pertamina (Persero), hingga pengembangan bisnis perdagangan gas alam cair (LNG) menjadi perhatian utama perseroan.

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan delapan program strategis termasuk pembangunan transmisi gas bumi sepanjan 627 kilometer (km), jaringan distribusi sepanjang 186 km, dan memulai pembangunan jaringan gas rumah tangga sebanyak 633.930 sambungan rumah (SR).

Gigih menjelaskan pembangunan jargas tersebut menggunakan alokasi dana mandiri dan tidak melibatkan APBN. Untuk tahun depan, pembangunan dimulai dengan 50.000 SR, sementara pada 2021 melonjak hingga 583.380 SR.

"Untuk gasifikasi kilang Pertamina, kami akan salurkan gas ke kilang Cilacap dan Balikpapan, serta RDMP Pertamina. Selain itu, pengembangan LNG retail, [penyelesaian] Terminal LNG Teluk Lamong, serta bisnis LNG trading di pasar internasional," katanya.

Menurutnya, hadirnya penugasan dalam bentuk program jargas diharapkan meningkatkan nilai tambah PGN. Dari sisi penggunaan, fokus utama adalah untuk kesejahteraan masyarakat. Di sisi lain, Gigih mengaku berkomitmen juga untuk meningkatkan penyaluran gas ke industri listrik dan komersial.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top