Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Foto udara hutan Cikole di dekat Bandung, Indonesia, Selasa (6/11/2018). - Antara/Raisan Al Farisi
Premium

Indonesia Menuju Pasar Karbon Dunia

28 November 2019 | 13:31 WIB
Di tengah perubahan iklim yang makin mendesak, pemerintah tengah menyusun regulasi terkait pasar karbon domestik.

Bisnis.com, JAKARTA — Sebagai negara penghasil batu bara dengan kebutuhan energi yang besar dan salah satu pemilik hutan hujan terbesar dunia, posisi Indonesia seakan berada di persimpangan.

Isu energi bersih dan perdagangan karbon terkait perubahan iklim pun kian gencar disampaikan. Pemerintah bahkan telah menjadwalkan uji coba pelaksanaan pasar karbon domestik pada awal 2020, dengan mekanisme cap and trade.

Asisten Deputi Pelestarian Lingkungan Hidup Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Dida Gardera mengatakan regulasi menyeluruh soal pasar karbon domestik direncanakan rampung pada tahun depan.

"Akan dibuat aturannya, tapi kita rencanakan sebelum ada regulasi yang mungkin selesai tahun depan, kita akan uji coba [laksanakan pasar karbon], sifatnya lebih ke insentif," tuturnya, Rabu (27/11/2019).

Foto aerial Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (31/8/2019). Sebagian dari kawasan yang masuk sebagai hutan konservasi itu nantinya akan digunakan untuk wilayah ibu kota baru./ANTARA FOTO-Akbar Nugroho Gumay

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top