Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pengguna jalan menggunakan otopet atau skuter listik di Jakarta, Rabu (16/10/19). - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Premium

Bisakah Naik Skuter Listrik Keliling Kota Lagi?

28 November 2019 | 15:46 WIB
Menyusul kecelakaan yang terjadi pada pertengahan November 2019, pemerintah mulai menerapkan ancaman tilang bagi pengguna skuter listrik yang berkendara tidak di jalur khusus.

Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran skuter listrik sempat mendapat sambutan positif dari masyarakat karena dianggap praktis dan ramah lingkungan. Namun, masalah keamanan di jalan raya segera mengambil alih pembicaraan.

Sekitar 2 pekan lalu, 2 orang pengguna otopet listrik GrabWheels meninggal saat menggunakan kendaraan tersebut di kawasan Senayan, Jakarta. Mereka ditabrak sebuah mobil yang sedang melaju.

Sejak itu, pembahasan terkait regulasi atas alat transportasi ini kian kencang. Hasilnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun resmi melarang penggunaan skuter atau otopet listrik, salah satunya GrabWheels, di jalan raya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya sedang menyusun regulasi untuk mengatur operasional skuter listrik di wilayah ibu kota.

"Kami bersama Dirlantas Polda Metro Jaya, ada beberapa hal yang harus ditaati oleh operator e-skuter sambil menunggu aturan terbit. Operasional di jalan raya tidak diperbolehkan," ujarnya, Jumat (22/11/2019).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top