Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi kilang lepas pantai. - Bloomberg/Tim Rue
Premium

HULU MIGAS : Ketika Kemampuan Tak Setinggi Harapan

27 November 2019 | 11:25 WIB
Kemampuan memang tak selalu sesuai dengan harapan. Hal tersebut berlaku juga untuk sektor minyak dan gas bumi di dalam negeri.

Kemampuan memang tak selalu sesuai dengan harapan. Hal tersebut berlaku juga untuk sektor minyak dan gas bumi di dalam negeri.

Adanya selisih antara kemampuan para kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dengan target dari pemerintah membuat produksi siap jual minyak dan gas bumi kerap berada di bawah target. 

Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Julius Wiratno mengatakan adanya selisih antara rencana kerja dan keuangan (work plan and budget/ WP&B) KKKS dan target produksi siap jual (lifting) dalam APBN masih terjadi. 

Untuk tahun ini saja, lifting minyak dipatok 775.000 barel per hari (bph), sedangkan WP&B KKKS hanya sebanyak 730.000 bph. 

“Dari target lifting minyak APBN 2020 755.000 bph, dari WP&B KKKS masih dibahas. [Untuk mendorong lifting] banyak ide-ide ekstra yang harus dilakukan,” tuturnya, kepada Bisnis.

Adapun rekapitulasi WP&B KKKS diperkirakan rampung pada awal Desember. Untuk memangkas selisih target lifting tersebut, Julius menyebut perlu ada pengeboran di sumur-sumur pengembangan. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top