Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Aktivitas penerbangan pesawat udara di Sultan Hasanuddin International Airport Makassar (SHIAM), Sulawesi Selatan, Senin (18/2/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Premium

Menghindari Turbulensi Pilot-Maskapai

25 November 2019 | 17:00 WIB
Kematian kopilot Wings Air masih terus diselidiki oleh polisi. Dugaan penalti sebesar Rp7 miliar yang dibebankan oleh maskapai pun dipertanyakan.

Bisnis.com, JAKARTA – Pekan lalu, seorang kopilot (first officer) ditemukan dalam keadaan meninggal di kamar indekosnya di daerah Jakarta Barat.

Tidak jauh dari jasad kopilot bernama Nicolaus Anjar Aji Suryo Putro itu, ditemukan ponsel yang di dalamnya memuat informasi perihal surat pemecatan dari Direktur Operasi Wings Air dan penalti sebesar Rp7 miliar.

Hal tersebut diduga menjadi penyebab meninggalnya korban, yang dikabarkan ditemukan dalam posisi tergantung. Namun, terkait hal ini, kepolisian masih melakukan investigasi mendalam.

Peristiwa ini membuat kehidupan para penerbang menjadi sorotan, termasuk hubungan antara pilot dengan maskapai.

Ikatan Pilot Indonesia meminta regulator maupun pemerintah untuk turun tangan dalam pengawasan kontrak kerja antara pilot dan maskapai yang tidak sesuai dengan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top