Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
M. Chatib Basri
Premium

Historia Bisnis : Melihat Lagi Gagasan Chatib Basri Jelang PPJT II

22 November 2019 | 08:59 WIB
Peneliti dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia M. Chatib Basri pernah menuliskan gagasannya untuk melihat kondisi dan tantangan ekonomi Indonesia yang membayangi di masa Pembangunan Jangka Panjang Tahap (PPJT) II.

Bisnis.com, JAKARTA — Pembangunan Jangka Panjang Tahap (PPJT) merupakan satu konsep program pembangunan di era Presiden Soeharto. PPJT I yang dimulai sejak 1967 hingga 1992, lalu pada periode lanjutannya PPJT II didesain untuk dimulai pada 1992 untuk kurun waktu 25 tahun ke depan.

Peneliti dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia M. Chatib Basri pernah menuliskan gagasannya untuk melihat kondisi dan tantangan ekonomi Indonesia yang membayangi di masa itu.

Tulisan Chatib Basri tersebut dimuat di Harian Bisnis Indonesia edisi 18 November 1992 dengan judul Masalah Perekonomian Indonesia di Awal PPJT II.

Chatib Basri di kemudian hari dikenal sebagai ekonom di Indonesia lalu pernah dipercaya sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Berikut gagasan dari Chatib Basri yang ditulis ulang kembali.

Menarik sekali membaca pernyataan Sumitro tentang ekonomi Indonesia pada Pembangunan Jangka Panjang Tahap (PPJT) II. Secara umum—dari pernyataannya—terlihat beberapa persoalan yang mungkin akan dihadapi ekonomi Indonesia dalam PPJT II.

Sebelum melangkah kepada gambaran ekonomi Indonesia dalam dekade mendatang, ada baiknya bila dilihat permasalahan yang mungkin muncul diawal PPJT II. Dari kecenderungan itu, mungkin bisa dilihat gambaran ekonomi Indonesia pada 25 tahun ke depan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top