Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Presiden Jokowi (ketiga kiri) dan sejumlah pejabat terkait berdiskusi saat mengunjungi Bukit Soeharto, di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019). - Setkab/Anggun
Premium

Serba Beken di Ibu Kota Baru

21 November 2019 | 17:35 WIB
Anggaran ratusan triliun rupiah hingga kokohnya tiang pancang beton tak akan mampu mengawali proyek transportasi di ibu kota negara baru jika tanpa kepastian hukum.

Lokasi ibu kota negara yang baru sudah ditetapkan. Letaknya di dua kabupaten yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Namun, pemerintah dan DPR mulai menghadapi masalah pelilknya merumuskan landasan hukum dalam pembangunan infrastruktur transportasi di ibu kota negara (IKN) baru. Anggaran ratusan triliun hingga kokohnya tiang pancang beton tak akan mampu mengawali proyek jika tanpa kepastian hukum.

Komisi V Dewan Perwakilan Rayat (DPR) bahkan telah menegaskan pemerintah tidak dapat membangun infrastruktur apapun di ibu kota negara (IKN) baru sebelum ada landasan hukum yang final dan mengikat untuk pemindahan ibu kota tersebut.

Ketua Komisi V DPR Lasarus mengungkapkan hal tersebut dalam rapat kerja pembahasan pembiayaan dan kesiapan infrastruktur Rencana Pemindahan Ibukota Negara.

“Kami perlu mengingatkan agar pembiayaan diluncurkan setelah UU terkait dengan penetapan ibu kota negara baru , karena ini akan ada persetujuan dari Komisi V,” katanya, Rabu (20/11/2019).

Dia juga menegaskan apabila belum ada landasan hukum pemindahan IKN baru tersebut, Komisi V tidak akan menyetujui semua hal yang berkaitan dengan kegiatan pemindahan ibu kota dilaksanakan.

Dia mengungkapkan hal tersebut mengingat dalam rencana yang disebutkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bahwa pada 2020 setidaknya ada persiapan yang perlu diakomodasi sebesar Rp1.188 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top