Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Jepang sudah berjalan sejak lama. Komitmen investasi Jepang ke Indonesia terus tumbuh dari waktu ke waktu.
Premium

Historia Bisnis : Komitmen Jangka Panjang Investasi Jepang

20 November 2019 | 15:06 WIB
Jepang telah menamakan investasinya untuk sejumlah proyek pembangunan baik kegiatan industri maupun infrastruktur sejak 1967.

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat adanya komitmen dari perusahaan Jepang untuk menanamkan investasi di Indonesia dengan nilai hingga Rp40 triliun sampai dengan 2023.

Dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (20/11/2019), komitmen itu disampaikan para pelaku industri skala besar Jepang saat melakukan pertemuan dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Tokyo, Jepang.

“Kami sampaikan bahwa secara garis besar dari hasil pertemuan dengan pelaku industri di Jepang sangat produktif. Sudah ada beberapa komitmen untuk investasi baru dan pengembangan (ekspansi),” kata Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulisnya.

Para pelaku industri skala besar yang melakkukan one on one meeting tersebut di antaranya adalah direksi Nippon Steel, Nippon Shokubai, AGC Inc, dan Toyota Group.

Menurut Menperin, Nippon Shokubai siap melakukan investasi baru sebesar US$200 juta untuk pabrik acrylic acid berkapasitas 100.000 metrik ton. Saat ini, kapasitas produksi pabrik Nippon Shokubai sebesar 140.000 metrik ton sehingga pada November 2021 menjadi 240.000 metrik ton.

Di samping itu, PT Asahimas Chemical, anak perusahaan AGC Inc. Jepang, akan juga menggelontorkan dananya senilai Rp1,3 triliun untuk ekspansi pabrik fase ke-7 di Cilegon Banten.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top