Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Perajin minuman jamu, Rizki Murtikasari, memproduksi jamu di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sejahtera Jaya, Simbangdesa, Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (8/11/2019). - ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Premium

Bangun Destinasi Spa dan Jamu untuk 'Bugarkan' Wisman dan Devisa

20 November 2019 | 16:04 WIB
Pemerintah menetapkan wilayah pilot project wisata kebugaran dan jamu nasional, yakni Jakarta, Bali, dan kawasan Joglosemar.

Bisnis.com, JAKARTA — Pariwisata sudah didapuk menjadi andalan pendapatan negara. Subsektor yang terkait dengannya pun terus diolah demi mendatangkan devisa.

Kini, perhatian pemerintah tertuju kepada wisata kebugaran dan kekayaan herbal nasional, lewat penetapan Jakarta, Bali, dan kawasan Yogyakarta, Solo, Semarang (Joglosemar) sebagai pilot project destinasi utama.

Tujuannya, meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) berkualitas dengan pengeluaran yang lebih tinggi. Hal ini sekaligus menjadi upaya merealisasikan pergeseran target wisman, dari kuantitas ke kualitas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan wisata kebugaran dan jamu memiliki keunikan tersendiri seperti treatment tradisional yang berbeda dari wisata medis di luar negeri. Hal ini pun bisa menjadi daya tarik bagi wisman.

“Melalui wisata kebugaran dan jamu ini bisa mendukung tourist quality yang ke Indonesia yang berpengaruh terhadap lama tinggal dan spending-nya. Ini juga akan beri dampak positif ke negara kita dengan peningkatan devisa,” ujar Wishnutama, Selasa (19/11/2019).

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan fragmentasi pisang raja sereh di Laboratorium LIPI Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (10/10/2019)./ANTARA FOTO-Muhammad Iqbal

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top