Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Petugas beraktivitas di New Priok Container Terminal (NPCT), Kali Baru, Cilincing, Jakarta, Senin (5/2). PT Pelabuhan Indonesia II atau IPC untuk kinerja tahun 2018 menargetkan pendapatan usaha naik 11.02%./ANTARA FOTO - Aprillio Akbar
Premium

Biaya Mahal Logistik Kita

19 November 2019 | 11:10 WIB
Sebelum menggagas platform digital untuk logistik, pemerintah pernah memiliki rencana besar dalam mengembangkan sektor logistik yang terangkum dalam sebuah cetak biru bernama Sistem Logistik Nasional.

Masalah logistik di Indonesia tampaknya terbentang dari hulu ke hilir. Sektor logistik nasional juga diakui banyak menyimpan masalah inefisiensi. Pemerintah pun tak kalah militan untuk memperbaikinya, termasuk rencana membangun platform digital terintegrasi. Namun, bisakah rencana ini terimplementasi? Jangan-jangan sekadar basa-basi lagi.

Sebelum menggagas platform digital untuk logistik, pemerintah pernah memiliki rencana besar dalam mengembangkan sektor logistik. Rencana besar itu dirangkum dalam sebuah cetak biru bernama Sistem Logistik Nasional (Sislognas) pada 2012.

Dari Sislognas ini, pemerintah akan membangun sebuah ekosistem logistik nasional alias national logistics ecosystem. Di dalam ekosistem ini, kinerja sektor logistik diharapkan dapat terintegrasi dengan berbagai perangkatnya agar permintaan dan penawaran dapat terakomodasi dengan baik.

Namun, ekosistem ini tidak pernah terimplementasi dengan baik karena pemerintah kesulitan menyatukan berbagai pemangku kepentingan ke dalam satu kesatuan wadah baik antarinstansi maupun kalangan swasta. Kondisi ini membuat rantai birokrasi logistik nasional cenderung menjadi berlapis-lapis dan inefisien.

Kini, ada keinginan pemerintah untuk membangkitkan kembali ekosistem logistik tersebut agar dapat terimplementasi pada 2020, meski pemerintah sendiri masih dirundung bimbang dengan rencananya sendiri.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top