Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di the Presidential Blue House, Korea Selatan, Senin (10/9/2018). - Reuters/Kim Hong/Ji
Premium

Menjemput Investasi di Negeri Ginseng

15 November 2019 | 20:38 WIB
Realisasi investasi Korea Selatan di Indonesia akan meningkat jika rencana Hyundai untuk membangun pabrik di Karawang terealisasi.

Bisnis.com, JAKARTA — Setidaknya sejak 2014, Korea Selatan selalu masuk dalam daftar 10 besar negara dengan investasi terbesar di Indonesia. Agaknya posisi itu tak akan berubah dalam waktu dekat.

Hal itu menyusul rencana investasi Hyundai Motor Corporation (HMC) di Indonesia. Pabrikan mobil asal Negeri Ginseng ini disebut bakal membangun pabrik kendaraan listrik di Jawa Barat.

Kabar tersebut sebenarnya bukan sesuatu yang baru, karena sudah disampaikan beberapa kali. Namun, realisasinya patut ditunggu lantaran Presiden Joko Widodo diagendakan berangkat ke Korea Selatan (Korsel) pada akhir bulan ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengatakan Indonesia akan menandatangi kerja sama investasi dengan Korsel, termasuk Hyundai terkait industri mobil listrik. Nilai investasinya tak main-main, sekitar US$1 miliar.

Logo Hyundai Motors terpampang dalam kemudi all-new Sonata yang dipamerkan di kantor pusat Hyundai di Seoul, Korea Selatan, Jumat (22/3/2019)./Reuters-Kim Hong Ji

“Hyundai mau investasi kira-kira US$1 miliar di industri mobil listrik, di dekat Karawang sana. Tanahnya sekitar 600 hektare (ha),” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (13/11/2019).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top