Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Drone milik United Parcel Service Inc. (UPS) lepas landas dalam uji coba mengantarkan obat dari gerai CVS di Cary, North Caroline, AS, Jumat (1/11/2019). - UPS via Reuters
Premium

Terbangkan Paket dengan Pesawat Nirawak

12 November 2019 | 13:59 WIB
Penggunaan drone alias pesawat nirawak dalam jasa ekspedisi dinilai akan meningkatkan efisiensi.

Bisnis.com, JAKARTA — Penggunaan drone sebagai alat pengiriman barang bukan lagi mimpi. Berbagai perusahaan logistik di China, Singapura, dan AS sudah melakukan uji coba atas pesawat nirawak yang akan digunakan nantinya.

Sebagian pihak di Indonesia mungkin masih menganggap cara ini sebagai sesuatu yang belum teruji dan dapat memicu kekacauan. Dari perspektif konsumen, pertanyaan yang muncul di antaranya terkait keamanan, kecepatan, harga, keselamatan, dan jangkauan drone.

Sementara itu, sebagian pihak lainnya, yakni para pelaku usaha ekspedisi, sangat mendukung drone untuk dapat segera mengudara. 

Ketua DPP Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) Mohamad Feriadi menjelaskan anggotanya ingin mencari alternatif pengiriman yang memang menawarkan biaya tidak terlalu tinggi dan tidak mengurangi kecepatan.

Asperindo mengaku sudah sangat membutuhkan adanya inovasi moda transportasi seperti pesawat nirawak memenuhi tuntutan kecepatan dalam pengiriman di sektor usaha dagang-el alias e-commerce.

Kurir JNE memberikan paket kepada warga yang tinggal di Desa Cipanjalu, Palintang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/1/2019)./ANTARA-Raisan Al Farisi

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top