Tahun ini Realisasi PINA Ditargetkan Tembus Rp100 Triliun

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan realisasi Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA) tahun ini harus mencapai Rp100 triliun.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 22 Agustus 2019  |  13:23 WIB
Tahun ini Realisasi PINA Ditargetkan Tembus Rp100 Triliun
CEO Pembiayaan Investasi Non-Anggaran (PINA) Pemerintah Ekoputro Adijayanto berkunjung ke kantor Bisnis Indonesia, di Jakarta, Selasa (21/5/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan realisasi Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA) tahun ini harus mencapai Rp100 triliun.

Chief Executive Office Pembiayaan Investasi non-Anggaran Pemerintah atau PINA Eko Putro Adijayanto menyatakan, dari target Rp100 triliun itu baru Rp15 triliun yang terealisasi sampai Agustus 2019. Padahal totalnya ada 30 proyek masuk dalam rancangan PINA.

"Proyek dari berbagai sektor, itu semua multiyears," ujar Eko Putro kepada Bisnis.com, Kamis (22/8/2019).

Dia menyatakan, secara total 30 proyek tersebut memiliki total nilai Rp707 triliun.

Eko Putro membeberkan realisasi PINA yang masih sangat sedikit tahun ini karena beberapa tantangan yang dihadapi Bappenas. Misalnya saja, Bappenas harus memastikan dan menyesuakan kemauan investor dengan kebutuhan investasi dari pemilik proyek. Selain itu juga tantangan isu investasi di Indonesia yang memiliki beberapa risiko sehingga memerlukan mitigasi.

"Seperti currency risk, risiko pasar, dan risiko bisnisnya," jelas Eko Putro.

Berkaca dari pencapaian PINA tahun lalu sebesar Rp47 triliun atau melampaui target Rp35 triliun, Eko Putro masih optimistis tahun ini sisa target Rp85 triliun masih bisa terkejar.

"Saat ini beberapa proyek besar sedang dalam proses, kami optimistis bisa mendekati atau mencapai target Rp100 triliun," pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
investasi

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top