Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Infografik negara dengan tingkat demokrasi terbaik dan realisasi investasi asing langsung tertinggi. - Bisnis/Ilham Nesabana
Premium

Realisasi Investasi Tak Melulu Soal Demokrasi

01 Agustus 2019 | 07:00 WIB
Ada banyak faktor yang menentukan deras lambannya aliran investasi asing di suatu negara. Demokratis tidaknya negara terkait ternyata tak melulu berpengaruh.

Bisnis.com, JAKARTA -- Tidak ada yang meragukan posisi China sebagai salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar, saat ini.

Bersama Amerika Serikat (AS), China telah menjadi salah satu kutub perekonomian global. Apapun yang terjadi di negara itu pasti berimbas pada pertumbuhan ekonomi global.

Bukti nyata dari pentingnya posisi China di dunia internasional saat ini, terlihat dari perang dagang antara Negeri Panda dan AS. Perang dagang kedua negara itu sampai membuat International Monetary Fund (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan global 2019.

IMF menyatakan risiko terhadap ekonomi global telah meningkat. Oleh karena itu, pertumbuhan diprediksi sebesar 3,2 persen untuk 2019 dan 3,5 persen untuk 2020, atau masing-masing turun 0,1 persen dari prediksi yang disampaikan pada April 2019.

Perang dagang antara AS dan China juga dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Jepang, Juni 2019. Saat itu, bahkan muncul prediksi pertumbuhan ekonomi global akan turun 0,5 persen jika situasi tersebut berlanjut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top