Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
30/jul/19/bisnisgrafik/soft/bank/ilham
Premium

Jokowi, Masayoshi, dan Adu Strategi Era Disrupsi

31 Juli 2019 | 07:00 WIB
Konglomerasi Softbank sudah mendunia. Kehadiran Masayoshi Son khusus ke Indonesia tentunya menyiratkan kepentingan jangka panjang di negeri yang masih berstatus berkembang dalam kancah perekonomian digital.

Bisnis.com, JAKARTA -- Boleh jadi, sewaktu merintis Didi Chuxing, Cheng Wei tak pernah terpikir untuk melepas anak kandungnya tersebut. Didi Chuxing, lahir sebagai usaha rintisan berbasis digital yang melayani transportasi di China.

Seturut dengan itu, di peta persaingan global, Imperium SoftBank Group semakin agresif. SoftBank yang didirikan Masayoshi Son, seperti elang yang memiliki mata dan cengkeraman tajam.

Hampir selalu, usaha-usaha rintisan di banyak negara menyerah kalah. Mereka menyodorkan kepemilikan baru kepada SoftBank.

Didi Chuxing juga tak bisa mengelak. Meski awalnya Cheng menampik tawaran SoftBank karena telah mengantongi modal senilai US$10 miliar, Didi tetap diterkam Son. Cheng mengalah dan mengambil investasi US$5 miliar dalam putaran penggalangan dana terbesar yang pernah ada untuk sebuah startup teknologi.

Chief Executive SoftBank Group Corp Masayoshi Son menghadiri sebuah konferensi pers di Tokyo, Jepang, Senin (5/11/2018)./Reuters-Kim Kyung-hoon

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top