Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Nahdlatul Ulama merekomendasikan bisnis Multi Level Marketing (MLM) yang berkonsep piramida dan downline serta berorientasi semata pada banyaknya pengikut sebagai haram. - Bisnis/Radityo Eko
Premium

Haramkah Bisnis Multi Level Marketing?

05 Maret 2019 | 17:04 WIB
Bisnis Multi Level Marketing (MLM) kembali menjadi perbincangan setelah organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama (NU) merekomendasikan bisnis tersebut haram. Di sisi lain, pemerintah telah mengatur bisnis ini dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

Bisnis.com, JAKARTA -- Beberapa hari setelah Nahdlatul Ulama (NU) mengeluarkan rekomendasi bahwa bisnis Multi Level Marketing (MLM) haram, organisasi tersebut kemudian menyampaikan keterangan bahwa tidak semua bisnis MLM dianggap haram.

Imbauan terkait bisnis MLM yang dikeluarkan NU dalam Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama pekan lalu juga tidak bisa dianggap sebagai fatwa.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Masduki Baidowi. Dia menjelaskan maksud organisasinya mengeluarkan imbauan soal bisnis MLM dalam Munas di Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (27/2/2019).

Masduki mengatakan pembicaraan soal bisnis MLM mengemuka di Munas NU lantaran banyaknya keluhan dari masyarakat soal penipuan bermodus model bisnis itu. Keluhan tersebut dibawa ke Munas dan NU pun menyatakan bahwa sejumlah praktik MLM dinyatakan bertentangan dengan nilai-nilai agama.

“Itu bukan fatwa dan tidak mengikat siapapun. Ini hanya semata penjelasan hukum agama dengan bentuk deskripsi masalah yang diharapkan kalau cirinya [MLM] begini maka tidak boleh, kalau cirinya begini boleh. Semacam panduan umum untuk orang yang akan terlibat dengan MLM, [model bisnis] yang boleh dan tidak boleh seperti apa,” paparnya kepada Bisnis, Senin (4/3).

Persoalan terkait bisnis MLM dibahas para kiai NU dalam Komisi Bahtsul Masail Waqiiyyah saat Munas berlangsung. Para kiai NU menggunakan referensi dari kitab Az Zawajir juz 2 halaman 132, kitab Ihya Ulumuddin juz 2 halaman 76, dan kitab-kitab klasik lain untuk menentukan hukum bisnis MLM dalam agama Islam.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top