Indonesia Minim Lakukan Penelitian Bidang Kelautan

Meski merupakan negara kepulauan dengan sebagian besar laut, Indonesia masih sangat terbatas dalam melakukan pengamatan atau penelitian di laut.
Jaffry Prabu Prakoso | 21 Maret 2018 22:41 WIB
Ilustrasi: Kapal Riset Baruna Jaya - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Meski merupakan negara kepulauan dengan sebagian besar laut, Indonesia masih sangat terbatas dalam melakukan pengamatan atau penelitian di laut.

Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Herizal mengatakan pihaknya telah melakukan kerja sama dengan LIPI untuk meneliti keanekaragaman biota laut.

“Sehingga ke depan info kita lebih lengkap lagi. Ini diharap bukan akhir tapi masih ada terus,” katanya setelah pembukaan acara International Indian Ocean Expedition 2 (IIOE2) di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Herizal menjelaskan dengan LIPI yang fokus pada sumber daya laut untuk pangan dan energi diharapkan kekayaan maritim tidak hancur seperti hutan.

Selama ini persoalan lingkungan sering dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Ilmu pengetahuan dibutuhkan untuk mengendalikan agar alam tetap terjaga.

Kerja sama dua lembaga dalam mengadakan kegiatan tahunan IIOE2 ini diharapkan mendapatkan informasi untuk mengetahui aktivitas di Samudera Hindia seperti arus laut ataupun pengaruhnya terhadap iklim dan ekosistem lainnya.

Dengan luas mencapai dua pertiga dari luas bumi, lautan memiliki arti penting bagi kehidupan manusia.

Tag : bmkg, lipi, kelautan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top