Ini Dia Aplikasi Penghemat Kuota dari Google

Google meluncurkan Datally, sebuah aplikasi Android untuk membantu pengguna ponsel dalam manajemen kuota data Internet.
Agne Yasa | 30 November 2017 15:03 WIB
Logo Google. - Bloomberg/Ore Huiying

Bisnis.com, JAKARTA -- Google meluncurkan Datally, sebuah aplikasi Android untuk membantu pengguna ponsel dalam manajemen kuota data Internet.

Berdasarkan riset terhadap pengguna ponsel di Indonesia, Google menemukan bahwa pengguna ponsel banyak yang memiliki kekhawatiran akan paket kuota yang terlalu cepat habis. Hal ini merupakan hambatan yang cukup penting, khususnya bagi miliaran pengguna berikutnya yang akan mengakses Internet untuk kebutuhan sehari-hari.

Bukan hanya khawatir paket kuotanya cepat habis, pengguna ponsel di Indonesia juga tidak memahami untuk apa saja kuota mereka digunakan, dan mengalami kesulitan mengontrol penggunaan kuota pada aplikasi yang mereka sukai.

Google memandang hal ini sebagai permasalahan yang menjadi dasar solusi produk yang dihadirkan. Google melalui tim Next Billion Users mengembangkan inovasi untuk mengatasi tantangan ini.

Caesar Sengupta, Vice President Tim Next Billion Users Google mengatakan misi Google adalah terus berinovasi dan menciptakan produk yang bisa membantu masyarakat Indonesia memaksimalkan potensi Internet.

"Inilah alasan kami membuat Datally, aplikasi yang bisa membantu pengguna memahami, mengontrol, dan menghemat kuota Interner, sehingga bisa lebih menghemat dan melakukan lebih banyak hal dengan kuota yang ada," katanya, Kamis (30/11/2017).

Dia menambahkan Google ingin membuat produk yang mendukung lebih banyak orang dengan pengalaman yang lebih baik dalam menggunakan Internet. Adapun inovasi ini awalnya digunakan di Indonesia dan India. Aplikasi ini sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Aplikasi Datally diklaim mampu menghemat rata-rata 30% penggunaan data atau kuota. Sengupta mengatakan hal ini juga bergantung pada pengguna.

Sebelumnya, Datally diuji di Filipina sepanjang tahun 2017, Datally tersedia di Google Play Store secara global mulai 30 November 2017 ini. Aplikasi ini dapat berfungsi di semua ponsel Android dengan minimal OS versi 5.0 atau Lollipop dan tersedia secara gratis.

Tag : google
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top