Google Hentikan Analisa Konten Gmail

Alphabet Inc menyatakan akan menghentikan pemindaian konten Gmail untuk membuat personalisasi iklan mulai akhir tahun 2017. Sebelumnya perusahaan menganalisa konten surat elektronik pengguna Gmail untuk kepentingan iklan.
Muhammad Khadafi | 24 Juni 2017 19:11 WIB
Logo Google. - Bloomberg/Andrew Harrer

Bisnis.com, JAKARTA – Alphabet Inc menyatakan akan menghentikan pemindaian konten Gmail untuk membuat personalisasi iklan mulai akhir tahun 2017. Sebelumnya perusahaan menganalisa konten surat elektronik pengguna Gmail untuk kepentingan iklan.

Praktik ini menurut Theverge.com, sudah dilakukan sejak pertama kali Gmail diluncurkan. Personalisasi konten pengguna Gmail akan memudahkan perusahaan menjual data kepada perusahaan yang membutuhkan pemasangan iklan dengan segmentasi target yang jelas.

Mengutip dari Reuters, kebijakan ini diambil dari unggahan blog Diane Greene, Kepala Komputasi Cloud Goodle. Diane bergagung dengan Google sejak 2015 dan bertanggung jawab atas pertumbuhan bisnis cloud Google.

Tidak disebutkan alasan penghentian analisa surat elektronik yang menggunakan jasa gratis Google. Sebelumnya hal ini memang sempat menuai kritik karena dianggap melanggar privasi pengguna.

Langkah ini tidak berarti pengguna layanan Google akan berhenti melihat iklan yang telah dipersonalisasi untuk penggunanya pada setiap produk Google. Google tetap akan menganalisa riwayat penelusuran, pencarian video di Youtube, dan aktivitas lain dengan Google Chrome.

Adapun saat ini Gmail digunakan lebih dari 1,2 miliar pengguna di seluruh dunia.

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
google

Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top