Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LDR Dekati Ambang Batas, Kredit Alami Perlambatan

Perlambatan kredit pada paruh kedua tahun ini turut dipicu rasio intermediasi bank (loan to deposit ratio/LDR) yang mendekati batas atas yang ditetapkan Bank Indonesia (BI).

Bisnis.com, JAKARTA--Perlambatan kredit pada paruh kedua tahun ini turut dipicu rasio intermediasi bank (loan to deposit ratio/LDR) yang mendekati batas atas yang ditetapkan Bank Indonesia (BI).

Hasil Survei Perbankan yang dipublikasikan Bank Indonesia (BI) memproyeksi pertumbuhan kredit pada akhir tahun ini hanya akan menyentuh posisi 14,4%.

Proyeksi tersebut bahkan di bawah target BI yang membatasi pertumbuhan kredit di kisaran 15%-17% pada tahun ini.

Adapun dari data Statistik Perbankan Indonesia (SPI) yang dipublikasikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), LDR kalangan bank umum telah menyentuh posisi 90,63% pada Agustus 2014 atau naik 175 basis poin (bps) dalam 12 bulan terakhir.

Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Ryan Kiryanto mengatakan dengan posisi LDR yang mendekati batas atas tersebut, ruang gerak perbankan kian sempit. Akibatnya, perbankan juga enggan agresif dalam menyalurkan kredit.

Senada, Analis UOB KayHian Sonny John mengatakan perlambatan pertumbuhan kredit memang akan terjadi secara bertahap mengingat LDR yang hampir menyentuh batas atas.

Dalam keterangan tertulis yang dipublikasikan belum lama ini, Sonny menuturkan meski penetrasi kredit di Indonesia masih rendah, tapi dia meyakini pertumbuhan pinjaman tahun ini tak akan mencapai di atas 20%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper