Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Kopi, Vietnam Diproyeksi Kembali Catat Rekor

Bisnis,com, HO CHI MINH - Panen kopi di Vietnam, penghasil biji kopi robusta terbesar di dunia digunakan oleh Nestle SA (NESN) dalam minuman instan, mungkin akan mencatat rekor produksi terbesar untuk yang kedua kalinya karena hujan telah mendorong perkembangan

Bisnis,com, HO CHI MINH - Panen kopi di Vietnam, penghasil biji kopi robusta terbesar di dunia digunakan oleh Nestle SA (NESN) dalam minuman instan, mungkin akan mencatat rekor produksi terbesar untuk yang kedua kalinya karena hujan telah mendorong perkembangan tanaman.

Menurut perkiraan median dari 13 pedagang yang dikumpulkan oleh Bloomberg, produksi diproyeksi naik 10% menjadi 1,6 juta metrik ton dalam 12 bulan mulai Oktober, dari 1,45 juta ton tahun sebelumnya.

Angka tersebut merupakan tertinggi sejak rekor 1,65 juta ton pada 2011-2012,dan 6,7% lebih dari median dalam survei yang diterbitkan pada Mei.

Tanaman yang lebih besar mungkin mengekang reli harga dari level terendah 32-bulan pada Juni, didorong oleh petani Vietnam yang menahan biji kopi, dan pelambatan penjualan di negara penghasil terbesar ketiga Indonesia yang tengah menjalani puasa Ramadhan.

Harga masih 15% di bawah harga tinggi pada Maret, ketika cuaca kering di Vietnam mengancam produksi hingga 30%. Kekeringan berakhir pada Mei dengan curah hujan bulan ini diperkirakan berada di atas rata-rata 30 tahun terakhir.

"Cuaca saat ini sempurna dengan hujan biasa," kata Tran Tuyen Huan, direktur umum Asia Komoditas Joint-Stock Co yang berbasis di Ho Chi Minh  City. Jumlah bunga terbentuk pada masing-masing cabang lebih tinggi tahun ini, karena pohon memiliki kesempatan beristirahat tahun lalu ketika panen jatuh.

Robusta untuk pengiriman September naik 0,6% menjadi US$ 1.883 per ton di NYSE Liffe di London kemarin. Harga menyentuh rendah US$ 1.704 pada 14 Juni dan tinggi 5-bulan US$ 2.216 pada 13 Maret.

Di Provinsi Dak Lak, yang berkontribusi sekitar 30% dari produksi Vietnam, harga biji kopi sekitar 39.800 dong (US$ 1,88) per kg (2,2 pon) kemarin, data dari Trade Daklak & Pariwisata acara Pusat. Angka itu turun dari level tertinggi 17-bulan 45.500 dong pada Maret.

Pusat Nasional untuk Meteorologi Hydro menyatakan kawasan Central High Land, yang meliputi Dak Lak, kemungkinan mendapatkan lebih banyak hujan bulan ini dari rata-rata.

Buon Ma Thuot, ibukota Dak Lak, mungkin mendapatkan sebanyak 350 milimeter (14 inci), lebih banyak dibandingkan dengan rata-rata 30 tahun terakhir dari 266 milimeter.

Biji yang tak terjual dari tanaman saat ini mungkin 220.000 ton, atau 22% lebih dari 180.000 ton tahun sebelumnya, menurut survei dari pedagang dan pengirim. Ekspor Oktober - Juni diperkirakan 1,19 juta ton, dibandingkan dengan 1,31 juta ton di tahun sebelumnya, menurut data awal dari Kantor Statistik Umum dikumpulkan oleh Bloomberg.

"Saya tidak menjual banyak ketika harga tinggi karena seperti banyak orang, saya serakah dan berharap harga akan naik lebih tinggi," kata Tran Thi Loan, seorang petani di Dak Lak. "Sekarang harga telah turun, aku merasa kasihan dan bahkan kurang termotivasi untuk menjual, jadi saya akan menunggu harga kembali lagi."

Dia telah menahan sepertiga dari 4 ton yang ia panen dari tanaman 2012-2013. Orang Vietnam cenderung menyimpan dari apa yang tersisa pada tanaman 2012-2013, membuat premi naik kembali melawan London berjangka," Kona Haque, analis berbasis di London di Macquarie Group Ltd (MQG)—bank investassi terbesar Australia.

Kopi dari Indonesia dari hasil budidaya 2013-2014, diperdagangankan pada tingkat premi US$ 230 per ton pada NYSE Liffe pekan lalu, demikian Volcafe Ltd—unit dari pedagang komoditas kopi ED & F Man Holdings Ltd.  Adapun biji dari Vietnam diperdagangankan dengan premi US$ 140.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper