Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INVESTASI INGGRIS: Lirik Industri Hilir, Investasi akan Naik 100%

JAKARTA—Pemerintah Indonesia menargetkan  nilai investasi asal Inggris bisa meningkat  100% pada tahun 2015 dibandingkan tahun ini, menyusul ketertarikan investor asal negara tersebut untuk menanamkan modalnya di sejumlah industri 
Martin-nonaktif
Martin-nonaktif - Bisnis.com 30 Oktober 2012  |  14:54 WIB

JAKARTA—Pemerintah Indonesia menargetkan  nilai investasi asal Inggris bisa meningkat  100% pada tahun 2015 dibandingkan tahun ini, menyusul ketertarikan investor asal negara tersebut untuk menanamkan modalnya di sejumlah industri  hilir di dalam negeri.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan  investor Inggris juga menyatakan minatnya di bidang energi dan keinginan untuk membangun manufaktur berbasis teknologi tinggi di Indonesia.

“Kita inginkan [investasi asal Inggris] sampai 2015 itu double. Banyak sekali [sektor yang diminati], terutama energi, membangun downstream, kemudian juga [membangun] manufaktur yang high tech,” kata Hatta menjawab pertanyaan wartawan di bandara Halim Perdanakusuma hari ini, Selasa (30/10/2012).

Ketika ditanyakan lebih lanjut industri hilir yang diminati Inggris, Hatta kemudian mengaitkannya dengan upaya pemerintah mengembangkan industri petrokimia di Tangguh.

Hal itu, ujarnya, dimungkinkan, mengingat  industri di Inggris umumnya disokong dengan teknologi tinggi.

Downstream [industri hilir], misalnya,  kita ingin mengembangkan  petrochemical di Tangguh atau macam-macam,” kata Hatta.

Ketertarikan untuk menanamkan modal di industri hilir, energi, dan membangun manufaktur yang berteknologi tinggi, ujarnya, sekaligus menjadikan Inggris optimistis bisa meningkatkan investasinya di Indonesia bahkan menduduki peringkat terbesar.

Mengingat saat ini besaran investasi yang masuk ke Indonesia terbesar masih   berasal dari Singapura.

“Jepang ingin nomor satu, Amerika juga.  Pokoknya kita ingin  invetasi itu naik, tetapi tetap dengan catatan jangan sampai bahan bakunya mengimpor. Kita prioritaskan betul untuk menggunakan bahan baku dalam negeri kita,” kata Hatta. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top