Pembukaan Asian Games Momen Uji Coba Teknologi 5G

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan siap merilis teknologi baru saat upacara pembukaan atau opening ceremony Asian Games 2018 pada 18 Agustus mendatang.
Feni Freycinetia Fitriani | 08 Agustus 2018 18:13 WIB
Pemerintah China diperkirakan mengeluarkan lisensi 5G untuk sejumlah operator telekomunikasi pada semester kedua 2019. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan siap merilis teknologi baru saat upacara pembukaan atau opening ceremony Asian Games 2018 pada 18 Agustus mendatang.

"Nanti pada saat pembukaan Asian Games kami akan uji coba teknologi 5G," katanya di kantor Wakil Presiden, Rabu (8/8/2018).

Bukan itu saja, Rudiantara menuturkan pemerintah bakal merilis mobil otomatis atau autonomous car. Salah satu kecanggihan mobil tersebut yakni dapat bergerak menggunakan teknologi sensor tanpa perlu pengemudi.

Nantinya, kata dia, autonomous car bakal wara-wiri di kawasan Gelora Bung Karno selama Asian Games berlangsung. Selain itu, pemerintah juga akan merilis aplikasi untuk pertandingan badminton dan bola basket.

"Kami ingin menujukkan kepada atlet maupun officials bahwa teknologi Indonesia sudah sangat maju," jelasnya.

Untuk mendukung operasional autonomous car, pemerintah bakal menyiapkan akses wifi super cepat sebanyak 400 titik di kawasan GBK.

"Insyaallah jaringan sudah disiapkan, khusus pada saat pembukaan di stadion Gelora Bung Karno. Kami bangun 400 akses wifi dengan kapasitas high density," katanya di Kantor Wakil Presiden RI, Rabu (8/8/2018).

Dia mengungkapkan jaringan internet menggunakan wifi gratis nantinya akan bisa diakses oleh semua orang, termasuk atlet, tim resmi (officials), tamu negara dan penonton yang akan hadir saat opening ceremony pada 18 Agustus mendatang.

Tag : menkominfo, rudiantara, Asian Games 2018
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top