Padang Pariaman dan Dassault Systèmes Kerja Sama Membangun Kota Cerdas

Dassault Systmes dan pemerintah kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, menandatangani nota kesepahaman atau momerandum of understanding (MoU) untuk mengembangkan digitalisasi kota Padang Pariaman sebagai kota cerdas.
Emanuel B. Caesario | 09 Juli 2018 20:56 WIB
Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni (kanan) dan Managing Direktor, Asia Pacific South, Dassault Systmes, Masaki Sox Konno, menandatangani MoU kerjasama pengembangan Padang Pariaman Smart City Implementation Project di Singapura, Senin (9/7/2018)/Bisnis - Emanuel B. Caesario

Bisnis.com, SINGAPURA — Dassault Systèmes dan pemerintah kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, menandatangani nota kesepahaman atau momerandum of understanding (MoU) untuk mengembangkan digitalisasi kota Padang Pariaman sebagai kota cerdas.

Penandatanganan MoU dilakukan di sela-sela acara World Cities Summit 2018 di Singapura pada Senin (9/7/2018). Acara ini digelar pada 8-12 Juli 2018 dengan mengangkat tema "Liveable & Sustainable Cities: merangkul masa depan melalui inovasi dan kolaborasi”.

Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dan Managing Direktor, Asia Pacific South, Dassault Systèmes, Masaki Sox Konno, disaksikan sejumlah penjabat daerah Padang Pariaman dan perwakilan Dassault Systèmes.

Tujuan kerja sama ini adalah untuk mewujudkan proyek implementasi kota cerdas Padang Pariaman. Melalui kerja sama ini, Pemda Padang Pariaman akan memanfaatkan teknologi dari Dassault Systèmes yang bernama 3DEXPERIENCity.

Teknologi ini merupakan solusi transformasi digital yang memungkinkan penyelenggaraan pemerintahan dan layanan masyarakat dilakukan secara digital, serta dalam hal penyusunan suatu perencanaan tata kota yang terintegrasi dan cerdas.

Ali Mukhni, Bupati Padang Pariaman, mengatakan bahwa pihaknya sangat berkomitmen untuk menindaklanjuti MoU ini melalui kerja sama nyata dengan Dassault Systèmes.

Menurutnya, implementasi teknologi digital dalam pelaksanaan pemerintahan dan sistem masyarakat sudah sangat urgen dalam pembangunan daerah.

“Saya melihat peningkatan penggunaan internet dan smartphone masyarakat sangat tinggi. Ini menjadi pertimbangan bagi kami untuk meluncurkan smart city di Padang Pariaman, tidak saja bagi masyarakat, tetapi juga pemerintahan di masa mendatang,” katanya dalam sambutan penandatanganan MoU, Senin (9/7/2018).

Ali mengatakan, adopsi teknologi digital sangat penting bagi Padang Pariaman untuk diimplementasikan pada kebijakan publik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan baik kepada masyarakat.

“Kami memilih bermitra dengan Dassault Systèmes karena mereka memiliki reputasi internasional yang tidak diragukan lagi. Semoga kerja sama ini saling menguntungkan,” katanya.

Masaki Sox Konno, Managing Direktor, Asia Pacific South, Dassault Systèmes, mengatakan bahwa perusahaannya telah menerima berbagai penghargaan sebagai perusahaan paling inovatif dan sustainable di dunia.

Pihaknya sudah melayani berbagai mitra korporasi multinasional. Namun, layanan yang diberikan untuk pengembangan kota cerdas skalanya tentu lebih besar dibandingkan layanan produk bagi korporasi tertentu.

Untuk tahap awal, dirinya akan membantu mengumpulkan berbagai data kepemerintahan yang dimiliki Padang Pariaman dan mentransformasikannya dalam platform digital. Selain itu, pihaknya juga akan menembangkan sistem tata kepemerintahan dan layanan masyarakat yang terdigitalisasi untuk diterapkan di Padang Pariaman.

“Kami senang dengan kerja sama ini karena ini sejalan dengan visi kami untuk menciptakan perencanaan tata kota yang cerdas dan berkelanjutan,” katanya.

Menurutnya, pengembangan tata kota dan management kota cerdas pada dasarnya adalah seni untuk memahami karakter lokal suatu kota dan relasinya dengan lingkungan untuk disesuaikan dalam platform teknologi digital.

Oleh karena itu, pengembangan di satu kota tertentu akan membutuhkan inovasi yang berbeda dibandingkan pengembangan yang sudah dilakukan di kota lain. Teknologi 3DEXPERIENCity akan memungkinkan hal tersebut terjadi.

Sebelum Padang Pariaman, Dassault Systèmes sudah memberikan jasa pada sejumlah kota lain di Indonesia, di antaranya Makassar, Surabaya dan Jakarta.

Tag : digital, kota cerdas
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top