Selama Lebaran, Pengguna Telkomsel Paling Banyak Akses Medsos dan Siaran Piala Dunia

Media sosial dan streaming Piala Dunia menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran.
Dhiany Nadya Utami | 18 Juni 2018 10:21 WIB
Model mencoba kanal khusus Piala Dunia 2018 di aplikasi Maxstream yang tersedia untuk pelanggan Telkomsel - Telkomsel

Bisnis.com, JAKARTA—Media sosial dan streaming Piala Dunia menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran.

Berdasarkan keterangan resmi Telkomsel, media sosial menempati urutan pertama dengan presentase 33,7%, diikuti video streaming (31,3%) dan layanan pesan instan (14,1%). Khusus video streaming, salah satu faktor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan live streaming pertandingan Piala Dunia 2018 melalui perangkat gawai mereka.

Sementara itu, beberapa aplikasi yang menjadi favorit pelanggan selama periode Lebaran tahun ini adalah YouTube yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 24,2%, diikuti Instagram (19,3%) dan Facebook (13,3%).

Penggunaan layanan data pada di momen Lebaran juga mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti Alun-alun Limbangan Garut, Stasiun Bandung, Pasar Turi Baru Surabaya, Gerbang Tol Ciledug Tangerang, dan Terminal Leuwipanjang Bandung.

Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, di antaranya Batu Karas Pangandaran, Ciwidey Bandung, Lembang Bandung, Kota Bunga Puncak, dan Pantai Santolo Garut.

Adapun, selama periode Lebaran 2018 Telkomsel mengalami kenaikan signifikan pada trafik layanan data. Sejauh ini trafik paling tinggi terjadi pada H-1 Lebaran yang mencapai 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3% jika dibandingkan dengan rata-rata penggunaan pada hari normal.

Tag : telkomsel, piala dunia 2018
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top