Alibaba Mobile Business Group Dorong Ekosistem E-commerce

Pesatnya pertumbuhan jejaring sosial dan platform e-Commerce telah mengubah cara orang berkomunikasi dan bertransaksi di seluruh dunia.
Agne Yasa | 27 November 2017 21:35 WIB
Alibaba - alibabagroup.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Pesatnya pertumbuhan jejaring sosial dan platform e-Commerce telah mengubah cara orang berkomunikasi dan bertransaksi di seluruh dunia.

Better Than Cash Alliance, sebuah lembaga riset dan advokasi pembayaran digital yang didukung oleh PBB pada April 2017 menunjukkan bahwa Indonesia adalah pasar e-Commerce dengan pertumbuhan tercepat di dunia pada 2016, berkembang sebesar 155% dari Januari 2016 hingga Januari 2017.

Ikatan Perdagangan Indonesia juga melaporkan bahwa ukuran pasar belanja online di Indonesia pada 2016 telah mencapai US$25 miliar.

Melihat potensi ini, Alibaba Mobile Business Group meluncurkan kampanye UC Star Fest, untuk meningkatkan diskusi publik mengenai industri e-Commerce di Indonesia melalui platform UC News.

Kampanye ini diluncurkan di Indonesia dan India, yang juga termasuk bagian dari festival Alibaba Group's double eleven e-Commerce yang dirancang khusus untuk mengeksplorasi kolaborasi antara unit bisnis Alibaba yang berbeda, termasuk UC News, UC Browser, dan 9Apps.

Damon Xi, head of UCWeb Indonesia & India, Alibaba Mobile Business Group, mengatakan

UC Star Fest dirancang untuk mendorong pencipta konten lokal dalam memberikan informasi belanja yang informatif bagi pengguna, sekaligus untuk menciptakan sebuah studi kasus tentang kapasitas pencipta konten di UC We-Media.

"Kami melihat perlunya meningkatkan percakapan publik yang mengenai industri e-Commerce, dan untuk melibatkan pencipta konten berbakat di Indonesia," ujarnya, Senin (27/11/2017).

Dalam program UC Star Fest berbasis HTML-5 ini, UC News melihat tingkat keterlibatan yang melebihi rata-rata kampanye serupa sebesar 10%. Tingkat keterlibatan ini bergantung pada seberapa aktif pengguna dalam menyebarkan kampanye ini dalam platform mereka dan juga memberikan komentar dan likes.

Beberapa nama besar di industri hiburan dan teknologi juga turut berkontribusi, termasuk Feni Rose, Alvin Adam, Gandhi Fernando, Onno W. Purbo, dan Valentino Simanjuntak.

Kampanye ini juga menghasilkan beberapa penulis baru termasuk Bai Ruindra dengan fokus pada konten hiburan, olahraga, dan teknologi, di mana dia memanfaatkan strategi,tips dan pengalamannya pada topik belanja yang juga menunjukkan nilai-nilai gaya hidup. Bai Ruindra merupakan lifestyle blogger asal Aceh. Topik in-app hashtag yang ditulis olehnya menerima sekitar 1,8 juta impressions dan 5.516 komentar pengguna dalam satu hari dalam kampanye UC Star Fest yang hanya dapat diakses melalui ponsel.

"Tujuan kami bukan hanya untuk meningkatkan diskusi publik mengenai e-Commerce, tapi juga menjadi platform dimana orang dapat berbagai tipsdan informasi bermanfaat untuk membantu pengguna kami berbelanja dengan lebih cerdas. Selain itu, kami juga ingin memicu minat pencipta konten berbakat agar tidak takut berbagi suara dan pikiran mereka, seperti Bai Ruindra," katanya.

Kompetisi ini telah menghasilkan 1.031 artikel dengan lebih dari 100 juta pembaca di UC News. Beberapa topik menarik termasuk "Hal yang Paling Aneh Yang Pernah Anda Beli Secara Online" dan "Jika Anda Memiliki 500 Juta, Apa yang Ingin Anda Lakukan?" Selain topik ini, pengguna juga aktif dalam diskusi mengenai topik lainnya seperti smartphone dan game, yang tentunya sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari pembaca.

Sementara itu, ada temuan bahwa pengguna lebih termotivasi untuk mengklik tombol yang mengarahkan ke laman web belanja saat mereka membaca artikel, dibandingkan saat mereka memenangkan kupon dari situs belanja online, Lazada.

Sebelumnya pada bulan Oktober, Lazada juga bekerja sama dengan UCWeb untuk program "Pakar Tekno UC" yang menampilkan ulasan dari 5 penjual terbaik di platform Lazada untuk smartphone dengan harga terjangkau yang ditulis oleh sekelompok pakar teknologi pada paruh pertama tahun 2017.

Achmad Alkatiri, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia mengatakan meskipun ada banyak pilihan smartphone, pihaknya percaya bahwa orang Indonesia berhak mendapatkan ulasan yang kredibel sebagai referensi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
alibaba

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top