Lebaran 2017, Trafik Data Telkomsel Naik 27%

Trafik data operator seluler Telkomsel pada momentum Lebaran 2017 meningkat lebih dari 27% dibandingkan dengan penggunaan layanan data pada hari normal atau menembus angka lebih dari 6.000 Terabyte.
Lavinda | 29 Juni 2017 11:33 WIB
Wisatawan menikmati pemandangan Gunung Bromo dengan latar belakang Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel di penanjakan satu Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (19/5). - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA—Trafik data operator seluler Telkomsel pada momentum Lebaran 2017 meningkat lebih dari 27% dibandingkan dengan penggunaan layanan data pada hari normal atau menembus angka lebih dari 6.000 Terabyte.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati menyebutkan penggunaan layanan Internet oleh pelanggan Telkomsel melonjak hingga 136% pada momentum Lebaran 2017, jika dibandingkan dengan trafik data pada periode yang sama 2016.

“Penggunaan layanan data ini paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial yakni 36%, disusul layanan video streaming 29%,” kata Adita, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Kamis (29/6/2017).

Peningkatan trafik layanan data paling tinggi terjadi di daerah-daerah tujuan mudik. Sebagai gambaran, di wilayah Sumatra peningkatan trafik data lebih dari 36%, sedangkan area Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali tercatat 32% jika dibandingkan dengan hari normal 2017.

Trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek) dan Jawa Barat yakni mencapai 1.700 Terabyte, disusul dengan area Jawa-Bali yang mengkonsumsi lebih dari 1.645 Terabyte.

Penggunaan layanan data pada momentum Lebaran tercatat melesat di beberapa lokasi ramai pemudik seperti, Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kuala Namu, Pelabuhan Merak, pintu keluar tol Kaliangsa, area istirahat tol km 9 Cibubur, dan Pelabuhan Feri Kolaka di Sulawesi Tenggara.

Peningkatan juga terpantau naik di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, seperti Batu Karas di Pangandaran, Ancol, Pantai Kuta, dan Kota Bunga di Puncak.

Tag : telkomsel, trafik data
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top