Uang Teman Dorong Penggunaan Aplikasi Mobile

Uang Teman berencana mendorong penggunaan aplikasi mobile sejalan dengan tingginya penetrasi Internet yang mencapai 132,7 juta pengguna aktif.
Sholahuddin Al Ayyubi | 20 Desember 2016 02:46 WIB
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku Fintech Uang Teman berencana mendorong penggunaan aplikasi mobile sejalan dengan tingginya penetrasi Internet yang menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencapai 132,7 juta pengguna aktif.

Darmawan Zaini, Chief Technology Officer Uang Teman mengemukakan pengguna platform Uang Teman kini masih didominasi pengguna desktop yang mencapai angka sebesar 60%. Sedangkan sisanya menurut Darmawan adalah pengguna smartphone berbasis Android dan iOS.

"Tahun depan kami menggenjot penggunaan aplikasi mobile lebih kuat lagi. Soalnya hari ini kan semuanya sudah mobile. Jadi aksesnya lebih mudah untuk konsumen," tuturnya di Jakarta pada Senin (19/12/2016).

Uang Teman adalah pinjaman mikro online jangka pendek pertama di Indonesia. Uang Teman memberikan pinjaman mikro jangka pendek tanpa jaminan.

Menurutnya, jumlah pengunduh aplikasi Uang Teman telah mencapai angka sebesar 46.000 pengunduh ‎baik pada OS Android maupun pada OS iOS. Dia berharap melalui peluncuran aplikasi Uang Teman versi ke dua, pihaknya dapat menggenjot pengguna aplikasi mobile lebih banyak lagi.

“Kami sudah meluncurkan aplikasi versi ke duanya. Kalau aplikasi versi pertama pengunduhnya sudah mencapai 46.000 per Maret 2016 sampai hari ini," katanya.

Darmawan mengatakan pada aplikasi versi kedua, layanan fintech tersebut lebih memperhatikan aspek keamanan data penggunanya.

‎Menurutnya, aplikasi tersebut sudah menggunakan data center lokal, sejalan dengan regulasi Kemenkominfo Pasal 15 ayat 3 pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 82/2012 tentang penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

"Kami sebagai pemain lokal, sudah menggunakan data center lokal dan kami juga akan memperhatikan aspek keamanannya," ujarnya.

Menurutnya, Uang Teman juga akan menggandeng sejumlah operator telekomunikasi untuk melakukan verifikasi keamanan. Saat ini Darmawan mengatakan platform tersebut baru menggandeng operator Telkomsel.

"Ke depan kami ada rencana untuk menggandeng beberapa operator lagi, saat ini baru operator yang berwarna merah," katanya.

Uang Teman, menurutnya, juga akan menggunakan sejumlah teknologi seperti big data analytics dan cloud untuk memperkuat sistem keamanannya sekaligus menganalisa pola kebiasaan pengguna. "Untuk menganalisa, kami menggunakan teknologi big data analytics dan cloud private. Jadi harapan kami ke depan semuanya sudah mobile."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aplikasi

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top