Ini Dia Fitur-Fitur Terbaru Windows 10

Hadir pertama kali dengan Windows 1.0 pada tahun 1985, dalam kurun waktu 30 tahun perusahaan ini mencatatkan perubahan yang signifikan dari Windows 1.0 menjadi Windows 10.
Agnes Savithri | 02 Agustus 2015 13:31 WIB
Ilustrasi - microsoft.com

Bisnis.com, JAKARTA--Apa yang muncul di benak Anda ketika membicarakan suatu operating system pada Personal Computer dan laptop? Akan ada beberapa nama yang muncul dalam pikiran Anda, salah satunya yakni Microsoft  Windows besutan Bill Gates.

Hadir pertama kali dengan Windows 1.0 pada tahun 1985, dalam kurun waktu 30 tahun perusahaan ini mencatatkan perubahan yang signifikan dari Windows 1.0 menjadi Windows 10.

Tepat pada 29 Juli 2015 lalu, Microsoft Corp. mengumumkan bahwa Windows 10 secara resmi diluncurkan serentak di 190 negara, termasuk Indonesia sebagai free upgrade bagi pengguna PC dan tablet berbasis Windows 7 dan Windows 8.1 original.

Microsoft mengklaim kehadiran Windows 10 ini akan dilengkapi fitur-fitur yang familiar seperti kembalinya menu Start di pojok kiri dan Live Tiles untuk mengetahui update terkini secara instan.

Selain itu, Windows terbaru ini dilengkapi beberapa inovasi yang menghadirkan pengalaman personal.

Executive Vice President Windows and Devices Group Microsoft Terry Myerson mengungkapkan era Windows akan dimulai lagi pada saat Windows 10 diluncukan dengan rancangan yang berbeda.

“Sejak awal, Windows 10 sudah dirancang secara unik - dibangun dengan masukan dari lebih dari 5 juta penggemar, diberikan sebagai layanan dan ditawarkan sebagai upgrade gratis. Windows 10 menyampaikan visi komputasi yang lebih personal dengan pengalaman alami, mobile dan terpercaya,” ujarnya dalam keterangan resmi.

President Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro mengungkapkan pihaknya ingin menghadirkan Windows yang dipilih oleh pengguna bukan yang perlu digunakan.

“Kami ingin menjadikan Windows ini bukan menjadi keperluan konsumen sehingga digunakan, melainkan memang dipilih oleh penggunanya,” ujarnya Rabu (29/7) dalam peluncuran Windows 10 Indonesia di Jakarta.

Windows terbaru yang baru diluncurkan ini diklaim pihak Microsoft sebagai operating system Windows terbaik yang pernah dihadirikan.

Dalam proses pembuatannya, perusahaan IT global ini telah melibatkan lebih dari 5 juta pengguna Windows dari 100 negara dalam program Windows Insider.

Andreas menambahkan pihaknya berkomitmen untuk membuat Windows inklusif dan relevan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Maka dari itu, program Windows Insider dibuat untuk menjadi wadah interaksi kami dengan pengguna yang ingin menyampaikan kritik dan masukan mengenai Windows 10

“Dengan memperhatikan jutaan saran yang masuk ke Microsoft, kami menjadikan Windows 10 sistem operasi yang lebih personal, natural, dan aman sehingga dapat membantu konsumen, pelaku bisnis kecil menengah hingga perusahaan berskala besar untuk melakukan banyak hal hebat,” papar Andreas.

Berikut kilasan fitur-fitur yang ada dalam sistem operasi Windows 10:

Cortana: Asisten Personal Digital

Fitur Cortana sebelumnya sudah pernah hadir di Windows Phone. Fitur ini selanjutnya akan berada di seluruh perangkat berbasis Windows 10. Cortana membantu para pengguna untuk melakukan berbagai hal, seperti mencari informasi dengan cepat, menyusun jadwal, memberikan pengingat dan mencari dokumen di komputer pengguna. Fitur ini pun diklaim dapat mempelajari preferensi pengguna.

Start & Live Tiles

Mengikuti jejak Windows 8.1, pengguna dapat melihat langsung update terbaru dari orang-orang yang terdekatnya melalui Live Tiles tanpa harus membuka aplikasi. Menu Start pada Windows 7 juga kembali muncul di Windows 10.Fitur ini membuat familiar bagi pengguna.

Voice, pen, gesture

Interaksi pengguna dapat digunakan secara lebih alami karena perangkat Windows 10 dapat menerima instruksi dari suara, pen, dan gestur tubuh.

Microsoft Edge

Microsoft Edge diklaim memiliki kemampuannya untuk menggambar, mencoret, dan memberikan catatan di laman web serta membagikannya langsung ke rekan-rekan penggunanya. Kombinasi fitur Ask Cortana dan Edge juga memudahkan pencarian jawaban dengan hanya meng-highlight frase atau kata yang ingin diketahui, lalu klik kanan, Cortana akan memberikan keterangan lebih lanjut mengenai frase tersebut.

Dengan mengaktifkan reading view Microsoft Edge, pengguna dapat lebih nyaman dalam membaca laman web atau menyimpan laman tersebut untuk dibaca lebih lanjut.

Multi-doing dan virtual desktop

Pernah mengalami kesulitan untuk melihat berbagai dokumen di saat bersamaan? Dengan fitur multi-doing dan virtual desktop, pengguna tidak perlu lagi kesulitan untuk fokus mengerjakan hal satu per satu.

Continuum

Menjadikan smartphone seperti layar laptop? Continuum memungkinkan pengguna untuk menggunakan keyboard dan membuat tablet atau smartphone dapat menunjukkan tampilan seperti laptop.

Sistem Keamanan Dengan Biometric Authentication

Windows 10 akan hadir dengan Windows Hello3, sistem keamanan yang membuat pengguna secara mudah dan nyaman sign-in ke perangkat, yaitu hanya dengan men-scan wajah atau jari.

Windows Business Group Head, Microsoft Indonesia Lucky Gani mengatakan semua fitur Windows 10 didesain agar pengguna merasa familiar, tetapi juga mendapatkan performa yang baik dengan teknologi terbaru, seperti Cortana, Microsoft Edge, dan Continuum.

“Hal yang perlu ditekankan juga adalah tingkat keamanan di Windows 10 yang semakin diperketat dengan adanya Windows Hello, Windows Defender, SmartScreen untuk menjaga perangkat dari serangan virus, malware, dan phising. Pengguna juga dapat mengetahui pembaruan sistem dan fitur keamanan dengan mudah,” ujar Lucky.

Tag : teknologi, windows 10
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top