Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Upaya Hippindo Genjot Kinerja Ritel Kuartal III/2023

Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menargetkan pertumbuhan konsumsi di sektor ritel pada kuartal III/2023 naik 20 persen.
Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah./ BISNIS - Dwi Rachmawati
Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah./ BISNIS - Dwi Rachmawati

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah menargetkan pertumbuhan konsumsi di sektor ritel pada kuartal III/2023 naik 20 persen dengan adanya berbagai gelaran acara promosi pada Agustus 2023.

Sebagaimana diketahui, Hippindo dalam momen perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia menggelar Indonesia Ritel Summit 2023; Indonesia Retail Expo; Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI); dan Hari Retail Modern Indonesia 2023.

"Semoga di kuartal III ini dari HBDI bisa mengangkat penjualan ritel dengan pertumbuhan 20 persen dari penjualan normal," ujar Budihardjo dalam konferensi pers di Grand Indonesia, Rabu (9/8/2023).

Dia menyebut, penjualan ritel dari anggota Hippindo setiap tahunnya mencapai sekitar Rp500 triliun. Adapun pada gelaran promosi ritel dan HBDI kali ini, Hippindo memproyeksi penjualan di bulan Agustus 2023 hingga Rp60 triliun.

Adapun sejumlah promosi sejumlah promosi yang ditawarkan untuk mendongkrak penjualan ritel di momen tersebut antara lain potongan harga (diskon), buy 1 get 1, tebus murah, dan doorprize bagi konsumen.

"Pokoknya konsumen dimanjakan," tuturnya.

Budihardjo menambahkan, saat ini dari berbagai kategori ritel, minimarket menjadi yang paling tinggi pertumbuhannya di tahun ini. Menurutnya, pertumbuhan ritel kategori minimarket pasca-pandemi bisa mencapai sekitar 11-12 persen. Diikuti oleh kategori restoran dan kafe yang pertumbuhannya diproyeksikan mencapai 10 persen.

Kendati demikian, untuk kategori fashion dan departemen store menurut dia pertumbuhannya masih cukup lambat untuk menuju pertumbuhan seperti sebelum pandemi pada 2019.

"Fashion [pertumbuhan] masih 5 persen, agak berat. Biasanya fashion [sebelum pandemi] bisa tumbuh 10 persen," ujarnya.

Sebagai informasi, Indonesia Ritel Summit 2023 kali ini mengangkat tema Asean Ritel: Epicentrum of Growth. Adapun tema ini sejalan dengan keketuan RI Asean 2023.

Indonesia Ritel Summit 2023 akan berlangsung pada 14-15 Agustus 2023 di Grand Ballroom Hotel Pullman Central Park, bersamaan dengan Hari Ritel Modern Indonesia dan Indonesia Retail Expo. Sementara untuk HBDI atau Indonesia Great Sale akan berlangsung pada 14 - 27 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper