Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerima Kartu Prakerja Gelombang 48 Diumumkan! Simak Cara Dapat Insentif Rp4,2 Juta

Status lolos atau tidaknya Program Kartu Prakerja gelombang 48 dapat diketahui pada dashboard situs prakerja.go.id. Pada 2023 insentif ditetapkan Rp4,2 juta.
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah telah mengumumkan peserta yang lolos dalam Program Kartu Prakerja gelombang 48 pada Sabtu (26/2/2023).

"Penerima Kartu Prakerja Gelombang 48 mana suaranya nih? Yuk cek dashboard Kartu Prakerja kamu sekarang untuk tahu status hasil seleksi kamu," tulis akun Instagram @prakerja.go.id.

Status lolos atau tidaknya Program Kartu Prakerja gelombang 48 dapat diketahui pada dashboard di situs prakerja.go.id melalui akun masing-masing.

Setelah masuk ke akun, peserta yang lolos akan mendapatkan nomor Kartu Prakerja. Namun, untuk mendapatkan nomor, peserta diharuskan menonton tiga video terkait Kartu Prakerja terlebih dahulu.

Jika tidak lolos, Anda akan mendapatkan notifikasi ‘Kamu Belum Berhasil’ pada dashboard akun Anda.

Sebagaimana diketahui, besaran bantuan yang akan diterima peserta pada 2023 mengalami penyesuaian, yaitu menjadi sebesar Rp4,2 juta per individu. 

Dari jumlah tersebut, ditetapkan bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp600.000 yang akan diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp100.000 untuk dua kali pengisian survei. 

Untuk diketahui, bantuan biaya pelatihan akan diberikan secara nontunai. Sisa saldo dari bantuan pelatihan tersebut nantinya tidak dapat diuangkan. 

Oleh karena itu, peserta diminta untuk membeli pelatihan sebanyak-banyaknya untuk memaksimalkan saldo bantuan pelatihan. Cek saldo bantuan pelatihan dapat dicek pada dashboard akun peserta.

Perlu dicatat, peserta memiliki waktu 15 hari untuk membeli pelatihan pertama. Setelah menyelesaikan pelatihan pertama dan mengisi rating ulasan, peserta bisa membeli pelatihan berikutnya dalam kurun waktu 15 hari. Jika melebihi batas yang ditentukan, maka sisa saldo pelatihan akan dikembalikan ke rekening negara.

Sementara itu, insentif akan ditransfer langsung ke rekening bank atau akun e-wallet peserta.

Berikut adalah langkah menyambungkan rekening/e-money di akun Kartu Prakerja:

- Setelah menonton 3 video Kartu Prakerja, peserta akan diarahkan untuk melakukan penyambungan rekening/e-money. Klik ‘Sambungkan Sekarang’

- Jika mau menyambungkan ke rekening bank, pilih yang diinginkan lalu klik ‘Sambungkan’

- Masukkan data rekening dan pastikan data yang dimasukkan bear. Lalu klik ‘Sambungkan’

- Klik ‘Ya, sambungkan’. Pastikan data rekening yang dimasukkan selalu aktif. Selamat, rekening bank Anda sudah tersambung ke akun Prakerja

- Jika memilih e-money, pilih e-money yang diinginkan lalu klik ‘Sambungkan’. Pastikan nomor HP yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja merupakan nomor HP e-money yang telah KYC atau e-money sudah di-upgrade atau premium

- Masukkan nomor HP. Pastikan data yang dimasukkan benar. Lalu klik ‘Sambungkan’. 

- Klik ‘Ya, sambungkan’. Pastikan data nomor HP yang dimasukkan selalu aktif. Lalu masukkan nomor OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor HP Anda

- Masukkan security code akun e-money yang dipilih untuk disambungkan. Selamat, akun e-money Anda berhasil tersambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper