United Tractors Akuisisi Perusahaan Nikel Sebagai Bagian Diversifikasi

Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat, salah satu langkah untuk diversifikasi dan ekspansi bisnis PAMA ke komoditas nikel.
Foto: Signing Ceremony PT Danusa Tambang Nusantara
Foto: Signing Ceremony PT Danusa Tambang Nusantara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Danusa Tambang Nusantara (DANUSA) telah melakukan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (PPJB) pada tanggal 3 Desember 2022 untuk mengambil alih 90% saham PT Stargate Pasific Resources (SPR) yang dimiliki oleh PT Anugerah Surya Pacific Resources (ASPR) dan PT Anugerah Surya Investama (ASI); dan 90% saham PT Stargate Mineral Asia (SMA) yang dimiliki ASPR dan SPR (Akuisisi Grup Perusahaan). DANUSA sendiri dimiliki 60% oleh PT United Tractors Tbk (UT) dan 40% oleh PT Pamapersada Nusantara (PAMA).

SPR merupakan perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi Nikel di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, yang memiliki cadangan nikel low – high grade. Untuk cadangan nikel high grade akan diproses oleh SMA selaku perusahaan pemegang Izin Usaha Industri yang akan mengembangkan dan membangun smelter nikel dengan teknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) untuk memproduksi Nickel Pig Iron (NPI).

United Tractors Akuisisi Perusahaan Nikel Sebagai Bagian Diversifikasi

Disisi lain, low-medium grade akan dijual untuk memenuhi kebutuhan domestik dan pengembangan bisnis kedepannya. Aksi korporasi ini diambil sebagai salah satu langkah untuk diversifikasi dan ekspansi bisnis PAMA ke komoditas nikel. Kedepannya, PAMA akan terus berkomitmen untuk melakukan pengembangan bisnis lainnya untuk semakin memperkuat posisinya di sektor pertambangan Indonesia, terutama di sektor non-coal related business.

Penandatanganan PPJB untuk Akuisisi Grup Perusahaan diwakili oleh Bapak Matius selaku Direktur dan Kuasa Presiden Direktur dari DANUSA, dan Bapak Dixon selaku Direktur Utama dari ASPR, serta Bapak Yos Hendri selaku Direktur Utama dari ASI dan SPR.

Proses penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Bapak Frans Kesuma, selaku Presiden Direktur PAMA dan UT, Bapak Muliady Sutio selaku Wakil Presiden Direktur PAMA, dan Bapak Putra Masagung, Bapak Thomas Tan, serta Bapak Eddy selaku pemegang saham dari ASPR, demikian tulis Management PAMA dalam siaran resminya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper