Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Amin Bujuk Amerika Investasi di IKN, Ini Tanggapan Dubes AS

Duta Besar Amerika Serikat (AS) Sung Kim meyakini perusahaan-perusahaan di negaranya tengah memantau kebutuhan pembangunan di IKN
Wapres Maruf Amin di Gedung Pusiba / Setwapres
Wapres Maruf Amin di Gedung Pusiba / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah semakin gencar mengajak investor asing untuk ikut membangun proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI) Ma'ruf Amin saat menerima kunjungan Duta Besar Amerika (AS) untuk Indonesia, yaitu Sung Kim di Istana Wapres, Sealasa (11/10/2022) kemarin.

"Beberapa negara sudah menyatakan ketertarikannya untuk melakukan investasi di IKN. Saya berharap, para investor AS juga dapat berpartisipasi dalam pembangunan IKN, khususnya untuk sektor digital serta energi baru dan terbarukan," kata Ma'ruf, dikutip dari laman resmi Wapres, Rabu (12/10/2022).

Sebelumnya, Ma'ruf mengapresiasi atas konfirmasi kehadiran Presiden AS Joe Biden di KTT G20 pada November mendatang di Bali. Dia juga menyinggu hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika yang semakin mengalami kemajuan di berbagai sektor.

Berdasarkan laporan Kementerian Perdagangan RI 2022, pada periode 2020-2021 AS telah menjadi mitra dagang terbesar ke-2 di RI. Total nilai perdagangan RI-AS pada Januari-Juli 2022 mencapai US$23,9 miliar atau naik 21,9 persen dari periode yang sama di tahun lalu dengan surplus perdagangan mencapai US$10,5 miliar.

Ekspor RI pun mengalami kenaikan 38,4 persen atau US$25,77 miliar dan impor RI naik 31,1 persen atau 11,25 miliar. Total surplus perdagangan RI senilai US$14,5 miliar.

"Tahun lalu, nilai perdagangan kita mencapau US$37 miliar. Namun, angka itu masih belum benar-benar menggambarkan potensi dagang kedua negara. Kemitraan ekonomi AS di Indonesia penting untuk ditingkatkan," ujarnya.

Dengan demikian, dia berharap AS dapat terus bekerja sama untuk menguatkan ekonomi negara. Dia juga berharap dengan partisipasi Indonesia di Indo-Pacific Framework (IPEF) akan terwujud kerja sama ekonomi yang konkret.

Dubes Sung Kim memberikan tanggapan terkait apa yang disampaikan Wapres Ma'ruf. Menurutnya, Presiden Biden sangat menantikan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di gelaran G20 mendatang.

Menyoal IKN, dia juga sejalan dengan Wapres dan bertekad akan mendorong perusahaan-perusahaan AS untuk mencari peluang termasuk dalam pemabngunan IKN. Bahkan, menurut Sung Kim perusahaan-perusaahan di AS pun kini tengah memantau kebutuhan pembangunan IKN.

"Saya setuju, sektor digital, energi baru dan terbarukan sangat menarik untuk dijelajahi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper