Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Jalan Tol Mamminasata Dihapus dari daftar PSN, Ini Alasannya

Pemprov Sulsel menjelaskan alasan proyek jalan tol Mamminasata dihapus dari daftar proyek strategi nasional (PSN).
Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol. Bisnis/Nurul Hidayat
Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol. Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mencoret proyek jalan tol Mamminasata (Makassar, Maros, Sugguminasa-Gowa, Takalar) Sulawesi Selatan dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Kepala Bappelitbangda Sulsel Andi Darmawan Bintang mengungkapkan jalan Tol Mamminasata dicoret dari daftar PSN karena pemerintah pusat mempertimbangkan soal waktu penyelesaian proyek tersebut.

Pemerintah pusat berharap semua PSN bisa selesai pada tahun 2024 mendatang, sebelum masa jabatan Presiden Jokowi berakhir.

"Tentu kita maklumi. Karena jalan Tol Mamminasata ini kalau tidak salah memang masih dalam tahap perencanaan dan tidak mungkin bisa selesai dalam dua tahun pengerjaan," kata Darmawan di Makassar, Kamis (4/8/2022).

Sebelumnya, proyek pembangunan jalan tol lingkar Mamminasata ini masuk dalam 16 daftar rencana pembangunan jalan tol 2022 yang disusun pemerintah pusat. Anggaran investasi senilai Rp7,4 triliun dan akan melibatkan pihak swasta.

Meski demikian, Darmawan berharap Tol Mamminasata ini bisa tetap menjadi perhatian Pemerintah Pusat. Mengingat, jalan ini sangat dibutuhkan sebagai jalan penghubung dalam Kawasan Mamminasata.

"Jalan ini dianggap sebagai salah satu infrastruktur yang bisa menggenjot perekonomian nasional," ujarnya.

Agar proyek ini tetap berlanjut, Darmawan Bintang menyebut ada beberapa skenario yang bisa diambil. Salah satunya, dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Kami harap pemerintah pusat bisa mengasistensi kita untuk bekerjasama dengan investor dalam pembiayaan proyek ini," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper