Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur KA Sawahlunto–Muaro Kalaban di Sumbar Segera Beroperasi Lagi Januari 2023

Dalam enam bulan ke depan, perbaikan jalur sepanjang 4 kilometer dan perbaikan lokomotif uap E1060, atau yang biasa disebut dengan Mak Itam, akan dilakukan.
Peninjauan lintas Sawahlunto - Muaro Kalaban menggunakan Dresin inspeksi pada kegiatan Kick Off Perbaikan Prasarana dan Sarana Perkeretaapian Dalam Rangka Mendukung Pengoperasian Kembali Kereta Api Jalur Sawahlunto - Muaro Kalaban/Dokumen PT KAI.
Peninjauan lintas Sawahlunto - Muaro Kalaban menggunakan Dresin inspeksi pada kegiatan Kick Off Perbaikan Prasarana dan Sarana Perkeretaapian Dalam Rangka Mendukung Pengoperasian Kembali Kereta Api Jalur Sawahlunto - Muaro Kalaban/Dokumen PT KAI.

Bisnis.com, JAKARTA – Jalur Kereta Api atau KA Sawahlunto–Muaro Kalaban di Sumatera Barat ditargetkan kembali beroperasi Januari 2023. Perbaikan sarana dan prasarana perkeretaapian telah dimulai hari ini, Jumat (1/7/2022), dan ditargetkan memakan waktu enam bulan.

Kick-off perbaikan sarana dan prasarana jalur KA Sawahlunto–Muaro Kalaban hari ini dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG). Dalam enam bulan ke depan, perbaikan jalur sepanjang 4 kilometer dan perbaikan lokomotif uap E1060, atau yang biasa disebut dengan Mak Itam, akan dilakukan.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan bahwa kick-off proyek tersebut diharapkan menjadi awal dari peningkatan potensi pariwisata Sumatera Barat dengan adanya jalur Sawahlunto–Muaro Kalaban.

"Perbaikan akan dilakukan dengan sebaik mungkin, penuh ketelitian, dan tetap mengutamakan keselamatan,” kata Didiek dikutip dari siaran pers, Jumat (1/7/2022).

Didiek menilai momen kick-off tersebut istimewa dan bersejarah dengan adanya kolaborasi empat BUMN untuk memperbaiki dan mengoperasikan kembali jalur KA bersejarah itu.

Perbaikan prasarana yang hari ini dimulai yakni berupa perbaikan jalan rel, dua buah jembatan, terowongan, persinyalan, bangunan stasiun, dan depo. Rel yang akan dilintasi KA rute Sawahlunto–Muara Kalaban ini perlu diganti rel dan bantalannya, serta ditambahkan balas agar KA dapat melintas dengan aman.

Pengecatan dan penyanggaan rel juga dilakukan agar lebih kokoh dan laik untuk dilewati kereta api. KAI juga melakukan grouting atau penguatan dinding terowongan.

Di samping itu, okomotif Uap E1060 atau Mak Itam, akan diperbaiki sehingga tekanan uap lokomotif tersebut berada pada 8-11 atm. Perbaikan Mak Itam guna mengoptimalkan fungsi pengereman sesuai dengan standar keselamatan operasional lokomotif uap.

Dengan tekanan uap yang cukup, Mak Itam dapat menarik dua sampai tiga kereta pada kelandaian 17 per mil di lintas Sawahlunto–Muaro Kalaban.

Proyek perbaikan jalur KA ini merupakan sinergi antara empat BUMN yakni KAI, Bio Farma, Pupuk Indonesia, dan SIG, serta didukung oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah Sumatera Barat. Sebelumnya, empat perusahaan pelat merah itu menandatangani Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan di Jakarta, Kamis (23/6/2022). 

Pengoperasian kembali jalur Sawahlunto–Muara Kalaban bertujuan untuk mendorong perekonomian di Sumatera Barat melalui wisata perkeretaapian, khususnya di kawasan yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO yakni Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Ambun Kadri menyebut sudah hampir tiga tahun lamanya Kota Sawahlunto menjadi kota warisan dunia.

"Dengan demikian kami sudah lega, sudah nampak jalan bahwa ini sudah pasti dilaksanakan. Kemudian juga bagaimana komitmen bersama untuk kita laksanakan kereta api ini bisa jaya kembali di Kota Sawahlunto,” ucapnya.

Deputi Bidang SDM & TI Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan bahwa berbagai harapan dan aspirasi masyarakat Sumatera Barat sudah ditangkap oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

”Kolaborasi antar BUMN, Pemda Setempat, TNI, Polri dan para stakeholder lainnya sangat penting untuk kesuksesan program ini. Kami dari Kementerian BUMN berharap agar semua pihak dapat saling berkolaborasi sehingga program ini dapat segera memberi manfaat nyata bagi masyarakat Sumatera Barat, khususnya Kota Sawahlunto” ujar Tedi.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengatakan bahwa pembangunan Sumatera Barat perlu dilakukan secara bersama-sama dan dengan berkolaborasi. Pemerintah daerah diharapkan bisa memanfaatkan berbagai potensi yang ada di Sumatera Barat ini.

Ketiga BUMN yang ikut serta dalam proyek perbaikan jalur KA di Sumatera Barar itu turut menegaskan komitmen masing-masing perusahaan.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menegaskan komitmen Bio Farma untuk mendukung program perbaikan sarana dan prasarana Jalur KA Sawahlunto–Muaro Kalaban, karena jalur tersebut dinilai memiliki potensi peningkatan ekonomi bagi warga sekitar melalui pariwisata alam.

"Dengan aktifnya kembali Jalur KA Sawahlunto–Muaro Kalaban, melalui kolaborasi empat BUMN, kami berharap masyarakat yang berada di jalur tersebut, bisa merasakan kehadiran BUMN, yang turut membantu memajukan perekonomian mereka pasca Pandemi Covid-19," ungkap Honesti.

Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia Nugroho Christijanto turut menyatakan dukungannya kepada pengoperasian kembali kereta api lintas Sawahlunto-Muoro Kalaban, Sumatera Barat. Dia berharap jalur tersebut dapat menjadi sarana edukasi, wisata, dan pembangkit perekonomian masyarakat setempat pascapandemi.

Senada, Direktur Operasi SIG Yosviandri juga menyatakan dukungannya terhasap pengoperasian kembali Kereta Api Jalur Sawahlunto – Muaro Kalaban. 

”PT Semen Padang bagian dari sejarah yang menggunakan jalur kereta api Sawahlunto untuk mengangkut batu bara sebagai bahan bakar pabrik semen," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper