Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden AS Joe Biden Blak-blakan soal Resesi, Sanksi Rusia, dan Inflasi

Dalam sebuah wawancara khusus, Presiden AS Joe Biden memberikan pandangannya terkait dengan resesi, sanksi Rusia dan inflasi yang mengancam negaranya.
Presiden AS Joe Biden dalam pengumuman resmi Dewan Gubernur The Fed di Eisenhower Executive Office Building, Washington, Selasa (22/11/2021)/ Bloomberg - Samuel Corum
Presiden AS Joe Biden dalam pengumuman resmi Dewan Gubernur The Fed di Eisenhower Executive Office Building, Washington, Selasa (22/11/2021)/ Bloomberg - Samuel Corum

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan resesi di negaranya tidak bisa dihindari. Tidak hanya itu, dia mengakui bahwa para pejabat di administrasinya telah memperingatkannya tentang risiko inflasi sebagai imbas dari undang-undang insentifnya.

Namun, Biden bersikeras bahwa dia tidak akan melunakkan pendiriannya terhadap Rusia bahkan jika itu harus membuatnya harus menjalani pemilihan ulang.

Komentar Biden tersebut, ditayangkan dalam wawancara bersama Associated Press (AP) yang dikutip Bloomberg. Wawancara ini menjelaskan langkah Biden untuk mengekang inflasi yang mencapai level tertinggi 40 tahun di AS dan di sebagian besar negara maju.

Beberapa kebijakannya dinilai membahayakan peluang Demokrat untuk mengadakan Kongres dan peluang memenangkan pemilihan kembali jika Biden mencari masa jabatan kedua.

Biden mengatakan dirinya diberitahu oleh Menteri Keuangan Janet Yellen dan pejabat lainnya bahwa paket bantuan Covid-nya, yang disahkan 15 bulan yang lalu, dapat berdampak kecil pada inflasi.

Namun, dia menambahkan bahwa dirinya tidak berpikir demikian. Biden telah sering mengatakan bahwa alternatif dari rencana bantuan adalah penggelinciran ekonomi yang lebih dalam dan pemulihan yang lebih lamban.

"Dia mengatakan itu mungkin memiliki dampak kecil pada itu," katanya pada Yellen. “Anda bisa berdebat apakah itu berdampak kecil dan kecil pada inflasi. Saya tidak berpikir itu terjadi. Dan sebagian besar ekonom tidak berpikir demikian. Tapi gagasan bahwa itu menyebabkan inflasi aneh.”

Wawancara AP adalah yang pertama bagi Biden dengan media cetak sejak menjabat, dan itu terjadi sehari setelah Federal Reserve melakukan kenaikan suku bunga terbesarnya dalam hampir tiga dekade.

Kekhawatiran atas inflasi dan respons agresif oleh bank sentral telah mengipasi ketakutan akan resesi dan memperburuk pendapat orang Amerika tentang ekonomi dan presiden meskipun pasar tenaga kerja tampak cukup kuat.

Biden mengulangi pesannya bahwa AS dalam posisi yang lebih kuat daripada negara mana pun di dunia untuk mengatasi inflasi ini, dan juga mengatakan resesi AS tidak bisa dihindari. Pada saat yang sama, dia mengakui bahwa orang Amerika benar-benar kecewa dengan keadaan negaranya.

“Kebutuhan akan kesehatan mental di Amerika telah meroket, karena orang-orang telah melihat segala sesuatunya kacau – segala sesuatu yang mereka anggap kacau,” katanya. "Tetapi sebagian besar adalah konsekuensi dari apa yang terjadi, apa yang terjadi sebagai konsekuensi dari krisis Covid."

“Ini tidak akan bebas biaya, tetapi kami memiliki – opsi untuk tidak melakukan apa pun lebih buruk,” kata Biden. Sementara secara terpisah, dia mencatat bahwa kampanye sanksinya terhadap Rusia dan melonjaknya biaya bahan bakar dapat membawa biaya politik bagi AS.

“Saya adalah presiden Amerika Serikat. Ini bukan tentang kelangsungan hidup politik saya. Ini tentang apa yang terbaik untuk negara. Tidak bercanda," tegas Joe Biden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper