Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sjamsul Nursalim Pemilik Pabrik Ban GT Radial Lunasi Utang BLBI Rp367 Miliar

Sjamsul Nursalim berdasarkan catatan Forbes memiliki saham di PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) hingga pabrik Gajah Tunggal produsen ban GT Radial hingga IRC.
Sjamsul Nursalim tersangka BLBI. / Ilham Mogu
Sjamsul Nursalim tersangka BLBI. / Ilham Mogu

Bisnis.com, JAKARTA — Satuan Tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau Satgas BLBI menyatakan bahwa Sjamsul Nursalim telah menyelesaikan kewajiban pemegang saham eks PT Bank Dewa Rutji terhadap pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Satgas BLBI Rionald Silaban melalui keterangan resmi pada Rabu (15/6/2022) malam. Dia menjelaskan bahwa pemerintah telah mengembalikan hak tagih negara atas obligor penyelesaian kewajiban pemegang saham (PKPS) Bank Dewa Rutji.

"Satgas BLBI telah menerima pembayaran untuk PKPS BLBI atas Obligor Pemegang Saham eks PT Bank Dewa Rutji, Sjamsul Nursalim, sebesar Rp367,7 miliar," ujar Rionald pada Rabu (15/6/2022) malam.

Menurut Rio, obligor tersebut telah melakukan pembayaran Rp150 miliar termasuk biaya administrasi 10 persen pada 18 November 2021. Kini, kewajiban Sjamsul selaku pemegang saham eks Bank Dewa Rutji telah tuntas.

Sjamsul membayar kewajibannya ke kas negara melalui Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) Cabang DKI Jakarta.

"Pembayaran tersebut dilakukan setelah dilakukan upaya penagihan oleh Satgas BLBI sejak 2021," ujar Rionald.

Pada 2021, Forbes menobatkan Sjamsul sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia, tepatnya berada di posisi ke-47 dengan total kekayaan mencapai US$880 juta atau setara Rp12,5 triliun (asumsi kurs 14.300). Kekayaannya diperoleh dari berbagai bisnis, seperti properti, batu bara, dan ritel.

Sjamsul merupakan pemegang saham dari Bank Dewa Rutji, yang sempat memperoleh kucuran dana dari BLBI saat krisis moneter 1997. Dia tidak mengembalikan dana tersebut hingga kini dinyatakan tuntas oleh Satgas BLBI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper