Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daging Kerbau Impor Datang dari India, Bulog: Bebas PMK

Perum Bulog memastikan daging kerbau beku yang datang dari India tidak terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dengan melakukan uji laboratorium di Pusat Veteriner Farma.
Daging kerbau beku yang dijual Bulog./Antara
Daging kerbau beku yang dijual Bulog./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan daging kerbau impor yang datang dari India tidak mengandung virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Direktur Supply Chain Pelayanan Publik Bulog Mokhamad Suyamto menyampaikan daging kerbau beku yang sampai di Indonesia segera dilakukan tes PCR di Pusat Veteriner Farma Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan terhadap sampel daging kerbau beku milik Bulog.

Suyamto mengatakan demi meyakinkan lagi terhadap kondisi daging kerbau beku yang diimpor Bulog dari India dan menyikapi maraknya pemberitaan terhadap PMK yang menyerang ternak sapi di beberapa daerah, Bulog melakukan uji PCR di Pusat Veteriner Farma pada 2 Juni 2022.

Bulog secara rutin melakukan uji laboratorium, termasuk uji PMK untuk meyakinkan bahwa daging beku dari India memenuhi persyaratan kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Alhamdulillah hasil uji PCR nya kemarin [Sabtu, 4/6/2022] sudah keluar dengan hasil negatif, jadi Bulog lebih yakin lagi untuk mendistribusikan komoditas daging kerbau beku ini guna mencukupi kebutuhan daging di Tanah Air,” kata Suyamto dalam keterangan resmi Bulog, Minggu (5/6/2022).

Suyamto menambahkan sebelum ada wabah PMK, mekanisme importasi daging kerbau yang dikelola pihaknya telah lolos verifikasi dari Kementerian Pertanian. Setibanya di Indonesia, Balai Karantina Tanjung Priok Kementerian Pertanian memeriksa daging kerbau dan memberi sertifikat.

"Sebelum dilakukan pengiriman ke Indonesia, daging kerbau yang diimpor Bulog ini dipastikan hanya dilakukan oleh supplier yang telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia. Selain itu juga telah memenuhi kriteria kesehatan hewan dan dinyatakan layak dikonsumsi manusia [fit for human consumption] sebagaimana dinyatakan dalam sertifikat kesehatan [Health Certificate] dari Lembaga Veteriner di India,” lanjut Suyamto.

Pemerintah memberikan penugasan kepada Bulog untuk mengimpor daging kerbau beku sebanyak 100.000 ton pada 2022. Mencapai pertengahan tahun, Bulog telah mendatangkan stok daging kerbau beku sebanyak 46.000 ton.

Hal tersebut sebagai alternatif pilihan bagi konsumen dalam memenuhi ketersediaan daging serta menjaga stabilitas harga daging di tingkat konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper